UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI meraih gelar akademik doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Ia mengikuti ujian promosi doktor di Aula Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh, Selasa 31 Januari 2023.

Dalam ujian promosi, Mawardi Pewangi lulus dengan mendapatkan nilai 3,75 dengan predikat sangat memuaskan sekaligus tercatat sebagai doktor ketiga alumnus Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Dalam disertasinya, Mawardi Pewangi mengangkat judul, ‘Integrasi Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan Pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Gowa’.

Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah di Kab.Gowa, yakni SMA Muhammadiyah Limbung dan MA Muhammadiyah Datarang.

Tujuan penelitian ini dilaksanakan, untuk menganalisa realitas implementasi integrasi dan menganilis capaian pelaksanaan nilai Al Islam dan Kemuhadiyahan pada pelaksanaan supervisi pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah Muhammadiyah di Kab.Gowa.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di dua sekolah Muhammadiyah di Gowa, dimana aspek yang diteliti yaitu nilai Al Islam Kemuhammadiyahan serta proses pembelajaran.

Dari hasil penelitian, keduanya telah menunjukkan para guru pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah telah berkinerja sangat baik.

Ada empat item yang diteliti di dua sekolah Muhammadiyah di Gowa, yakni ihsan, nilai keihlasan, nilai keteladanan serta nilai tajdid.

Dari hasil penelitian ini Mawardi merekomendasikan, kepala SMA Muhammadiyah Limbung dan MA Muhammadiyah Datarang, yakni perlunya konsisten dalam mengintegrasikan nilai-nilai AIK dilingkungan sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan, meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugas pengajaran serta tugas lainnya.

Mawardi Pewangi juga berharap kepada seluruh kepala sekolah Muhammadiyah mengintegrasikan nilai AIK dalam pengelolaan AUM serta meminta Majelis Dikdasmen Muhammadiyah mendukung terlaksananya nilai AIK dalam pengelolaan AUM.

Ujian promosi doktor yang dilaksanakan secara terbuka dipimpin Ketua Sidang Prof Dr H Ambo Asse sekaligus juga sebagai dewan penguji.

Penguji lainnya, Prof Dr H Irwan Akib yang juga Direktur Pascasarjana Unismuh, Prof Dr H Bahaking Rama, M.S sekaligus sebagai promotor, Dr Rusli, M.Ag dan Dr Muhammad Ali Bakri, M.Pd yang juga keduanya adalah Ko-Promotor, Dr Ilham Muchtar, Lc, M.Ag, serta penguji eksternal, Dr Mustari Bosrah, M.A.

Pimpinan yang hadir Wakil Rektor I, Dr Ir Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Prof Dr H Andi Sukri Syamsuri, Ketua Dewan Pengawas RS Muhammadiyah Unismuh, Dr Ir H.Muh. Syaiful Saleh, para dekan, wakil dekan, kepala lembaga, biro, dosen serta karyawan.

Dari keluarga Dr Mawardi Pewangi, adalah ibu kandung Mawardi Pewangi, yakni Hj Maryam, Rosdiana H. Labintang A.Ma (istri) serta kelima anaknya.

Leave a Reply