UNISMUH.AC. ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Ta’aruf Akademik Mahasiswa Baru Tahun 2022-2023 secara virtual pada Sabtu, 17 September 2022.

Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar dosen, mahasiswa IT Simak, tata usaha dan staf Prodi lainnya.

Wakil Dekan I FP Unismuh Makassar, Dr Jumiati, berharap mahasiswa baru berkomitmen terhadap dirinya sendiri sebagai bentuk merawat cita cita setelah menentukan pilihan kuliah di Prodi Budidaya Perairan.

Dia lalu menyampaikan kepada mahasiswa baru tips sukses belajar dan menyelesaikan kuliah tepat waktu.

“Mahasiswa harus mempersiapkan 5 hal, yakni mental, atur jadwal sebaik mungkin, lengkapi alat alat yang menunjang perkuliahan, pasang target Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), serta belajar dengan fokus dan kerja keras,” tuturnya saat membuka kegiatan.

Di samping itu, Ketua Prodi Budidaya Perairan Unismuh, Asni Anwar MSi, menjelaskan profil Budidaya Perairan yang merupakan salah satu Prodi tertua di FP Unismuh Makassar.

“Prodi ini didirikan pada tanggal 18 Mei 1994 dengan SK 034/D/1994, mendapatkan ijin penyelenggaraan pada bulan Oktober tahun 1990 dengan nomor l operasional 4014/D/T/K-IX/2010,” terangnya.

Saat ini, sambung Asni, program sarjana Budidaya Perairan Unismuh Makassar telah memenuhi syarat akreditasi A, sejak 13 Oktober 2020 hingga 13 Oktober 2025 mendatang.

Hal ini tertuang dalam Keputusan BAN PT No 6399/SK/BANPT/Akred/S/X/2020.

“Artinya, Prodi Budidaya Perairan sangat mumpuni dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berdaya saing dalam menerapkan IPTEKS Budidaya Perairan Payau dan Laut, serta berkarakter islami,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Ia membeberkan deretan sasaran dan profil lulusan Prodi Budidaya Perairan.

“Di antaranya menjadi teknisi profesional, menjadi Pembudidaya yakni Individu yang melakukan kegiatan terencana, memelihara, membesarkan dan atau membiakkan ikan dalam lingkungan terkontrol. Tak hanya itu, bisa menjadi penyuluh dan peneliti atau perekayasa,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Ta’aruf ini jajaran pimpinan fakultas, para dosen dan pengurus lembaga kemahasiswaan Prodi Budidaya Perairan.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply