UNISMUH.AC.ID, SURABAYA – Memperkuat dan memperbanyak Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pada setiap kali pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) maka Unismuh Makassar akan menggelar PKM lintas program studi.

Pelaksanaan PKM lintas prodi tersebut dengan harapan akan semakin lebih banyak tim mahasiswa dan dosen yang akan berkompetisi dalam setiap kali PIMNAS digelar.

Demikian ditegaskan, Plt Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr H Mawardi Pewangi, M.Pdi, usai pembukaan PIMNAS ke-37 di Kampus Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Selasa 15 Oktober 2024.

Pada kesempatan tersebut turut didampingi, Sekretaris LPKA Unismuh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), Dr. Dian Pramana Putra S. Pd,. M.Pd, Ketua Devisi Pengembangan Kreatifitas dan Prestasi Mahasiswa LPKA, Wahyuddin S. Pd,. M.Ed.

Dijelaskan, PIMNAS ke-37 ini Unismuh Makassar meloloskan 1 tim PKM Pengabdian Masyarakat dan jika di banding dengan beberapa kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) lainnya ada yang berhasil meloloskan lebih dari dari satu tim, malah ada 3, 4, 5 dan 6 tim.

Menjaring dan memotivasi mahasiswa dan dosen ikut berkompetisi pada ajang tertinggi pekan ilmiah mahasiswa ini maka secara lebih dini akan dilakukan kompetisi pada tingkat prodi dan hasil yang terbaik itu akan dibimbing lebih intensif untuk kemudian diikutkan kompetisi pada tingkat nasional, katanya.

Memotivasi dan menjaring lebih banyak mahasiswa ikut dalam kompetisi ini maka pada tingkat pimpinan universitas akan dibicarakan lebih tehnis akan memberi konvensasi berupa konversi mata kuliah bagi para mahasiswa yang berhasil masuk dalam kompetisi PIMNAS ini.

Semakin banyak mahasiswa yang lolos dalam kompetisi PIMNAS dan kompetisi lainnya tentu akan memberi nilai tambah bagi perguruan tinggi termasuk dalam proses akreditasi, ungkapnya.

Selain itu dengan begitu banyak mahasiswa yang tampil berprestasi pada kompetisi skala nasional juga akan memberi kesan dan citra positif bagi kampus. Pada sisi lain juga akan jadi salah satu media promosi dalam menjaring mahasiswa baru setiap awal tahun.

Seperti diketahui PIMNAS ke-37 di kampus UNAIR ini berlangsung 14-19 Oktober 2024 dan tim Unismuh yang tampil berkompetisi kali ini sebanyak lima orang empat mahasiswa berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi dan satu mahasiswa dari Prodi Akuntasi.

Para mahasiswa itu Lukman dari Prodi Ilmu Komunikasi, dengan anggota Rezki Astuti, Fatimah Milda Nurul Insan, Andi Asmira (semuanya dari Ilmu Komunikasi), dan Sufirman (Akuntansi). Dosen pendamping tim adalah Dr. Muhammad Yahya, M.Si.

Tim ini berkompetisi dengan judul PKM PM, “Penguatan Potensi Seni Desainer Siswa Tunarungu Tingkat Sekolah Menengah Atas di SLB Negeri 1 Makassar melalui Pendekatan Head, Heart, Hand,” bertujuan melatih siswa tunarungu dalam keterampilan desain dan menjahit.

Tim PIMNAS ke-37 Unismuh Makassar ini akan tampil mempresentasikan hasil penelitian didepan dewan juri pada Rabu 16 Oktober 2024.***

Leave a Reply