UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melalui Ma’had Al-Birr menggelar acara Pembekalan dan Pelepasan bagi mahasiswa yang akan menjalankan pengabdian kepada masyarakat. Peserta kegiatan ini terdiri dari mahasiswa tiga program studi integrasi, yaitu Ahwal Syakhsiyah, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), serta Pendidikan Bahasa Arab (PBA), yang akan mengabdi di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Kegiatan Pembekalan dan Pelepasan tersebut digelar di Masjid Sabussalam Al Al-Khoory Unismuh Makassar, Senin 7 Oktober 2024.

Ketua Panitia Pelaksana, Zainal Abidin, melaporkan bahwa tema pengabdian kali ini adalah “Ikhtiar Membangun AUM yang Unggul dan Berkemajuan”. Sebanyak 349 mahasiswa akan ditempatkan di 131 lokasi pengabdian, yang sebagian besar merupakan lembaga AUM seperti pesantren, masjid, dan panti asuhan Muhammadiyah serta Aisyiyah. Kegiatan ini juga didukung oleh LPCR-PM PWM Sulawesi Selatan.

Rektor Unismuh Makassar, Dr. Abd Rakhim Nanda, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran dakwah sebagai kelanjutan dari risalah Rasulullah. Ia berpesan agar mahasiswa tidak takut dalam menjalankan tugas dakwah, serta tetap fokus menyelesaikan tugas akademik di lokasi pengabdian. Rektor juga menekankan pentingnya menyelesaikan tugas ilmiah dalam bentuk jurnal berstandar Sinta sebagai bagian dari tanggung jawab akademik mahasiswa, tanpa harus menunggu skripsi.

“Selamat jalan dan selamat bertugas. Semoga Allah senantiasa melindungi dalam perjalanan dan di lokasi pengabdian,” ujarnya, menutup pesan.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar Dr Amirah Mawardi turut memberikan wejangan kepada mahasiswa, dengan mengutip QS. Al-Maidah ayat 56 sebagai pengingat dan penguat dalam menjalankan tugas pengabdian. Ia menegaskan bahwa pengalaman di Ma’had Al-Birr sudah cukup menjadi bekal kuat bagi mahasiswa dan juga menginstruksikan setiap program studi untuk memperhatikan regulasi akademik yang berlaku, mengingat besarnya bobot akademik dari program pengabdian ini.

“Dengan harapan agar mahasiswa mempersiapkan diri dengan matang sebelum berangkat dan mendoakan agar mereka diberikan kesehatan serta kelancaran selama menjalankan tugas,” ungkapnya.

Lebih Lanjut, Ia menekankan bahwa ini adalah pertama kalinya Program Pendidikan Bahasa Arab (PBA) bergabung dalam program pengabdian Ma’had Al-Birr, dan ia berharap mahasiswa dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab menegaskan bahwa tidak ada toleransi untuk kegagalan, karena menjaga nama baik almamater adalah hal yang utama.

“Pesan moral tentang pentingnya menjaga sikap dan etika selama pengabdian juga disampaikan, sesuai dengan pepatah “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, mahasiswa diharapkan memiliki semangat pantang menyerah dalam menjalankan tugas mereka,dengan bekal ilmu dan semangat yang telah diberikan, mahasiswa diharapkan mampu menjalankan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, memberikan manfaat, serta menjaga nama baik Ma’had Al-Birr dan Unismuh Makassar.” tambahnya.

Leave a Reply