UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan pesisir, KKN-Dik SMP Muhammadiyah Takkalasi bekerja sama dengan Gappembar Kom VI Balusu menggelar seminar bertajuk Gerakan Peduli Pesisir, Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Balusu dan akan dilanjutkan dengan aksi bersih pantai di pesisir Kelurahan Takkalasi, Ahad, 29 September 2024.

Para narasumber juga memberikan wawasan tentang bagaimana perubahan perilaku individu dan kebijakan pemerintah dapat berkontribusi lebih efektif dalam melindungi lingkungan pesisir.

Seminar tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pemerhati lingkungan, akademisi, praktisi, dan masyarakat lokal yang peduli terhadap isu-isu lingkungan pesisir.

Dalam kesempatan tersebut Ismail Sangkala, S.Pd.,M.Pd Selaku Dosen Pembimbing menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye untuk menjaga kelestarian ekosistem pesisir yang saat ini menghadapi ancaman serius akibat aktivitas manusia dan perubahan iklim.

“Tujuan utamanya adalah memperkuat kolaborasi antara komunitas lokal, lembaga pemerintah, dan organisasi non-pemerintah dalam melindungi ekosistem pesisir serta menemukan solusi berkelanjutan bagi permasalahan yang ada,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Nurhayati, ST, MSi., selaku narasumber, menyatakan bahwa gerakan peduli pesisir ini adalah panggilan bagi kita semua untuk mengambil langkah nyata.

“Tidak hanya dalam bentuk kampanye, tetapi juga melalui tindakan sehari-hari yang lebih ramah lingkungan dan mendukung ekosistem laut.” Katanya.

Ia menuturkan bahwa Dengan adanya seminar ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk terlibat aktif.

“Dalam upaya pelestarian lingkungan pesisir, yang merupakan salah satu sumber kehidupan penting bagi ekosistem laut dan masyarakat pesisir, ” Tuturnya.

Acara ini diakhiri dengan deklarasi komitmen bersama untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan pesisir.

Leave a Reply