UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pendidikan Posko Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Barru, yang dibimbing oleh Dr Andi Mulawakkan Firdaus, MPd, dan Dr Rezki Ramdani, SPd, MPd, sukses menggelar kegiatan “Kejuaraan Bola Voli Putri Sejalan Pahlawan” di lingkungan Ta Kejuara, Kelurahan Sepe’e, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Panitia Kejuaraan ini terdiri dari 20 mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar. Kegiatan berlangsung mulai Senin, 9 hingga Ahad, 15 September 2024, bertempat di Lapangan Bola Voli Ta Kejuara, Kelurahan Sepe’e, Kecamatan Barru.

Kejuaraan ini merupakan hasil kolaborasi antara KKN Pendidikan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar Posko UPTD SDN 4 Barru dan Pemuda-Pemudi Ta Kejuara, serta menjadi bagian dari program kerja KKN DIK UPTD SDN 4 BARRU.

Acara pembukaan dihadiri oleh Camat, Hilmanida, SSTP, MSi, Kepala Kelurahan Sepe’e, Rahmat Kabes, SAP, MAP, Kapolsek Kecamatan Barru, Kepala Lingkungan, serta masyarakat Sejalan Pahlawan, bersama dengan Korkap, Korcam, dan Korlap Kecamatan Barru. Kejuaraan ini juga didukung oleh IVO START dan Puskesmas Padongko.

Sebanyak 10 tim berpartisipasi dalam kejuaraan ini, yang terdiri dari: Ivo Stars, Ivo Lapang (A), Zig Zag, Gavol, Svc (B), Bintang Timur, Svc (A), Vb Mallimpo , Ivo Lapang (B), Wirsalab.

Pembukaan Kejuaraan Bola Voli Putri Cup 1 Sejalan Pahlawan ini ditandai dengan pemukulan bola pertama oleh Camat, Hilmanida, SSTP, MSi, sebelum pertandingan antara tim IVO START dan GAVOL dimulai.

Ketua Panitia, Putri Handayani, yang juga merupakan Koordinator Lapangan KKN DIK UPTD SDN 4 Barru, menyampaikan harapan agar kejuaraan ini dapat meningkatkan prestasi dan pengalaman para putri, khususnya di lingkungan Ta Kejuara. Menurut hasil observasi KKN, banyak putri di wilayah ini yang memiliki minat dan bakat di olahraga voli.

“Oleh karena itu, panitia memberikan wadah bagi mereka untuk berprestasi di ajang ini, dengan tujuan mengembangkan potensi mereka hingga tingkat kecamatan, kabupaten, nasional, bahkan internasional,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara KKN Pendidikan UPTD SDN 4 Barru dan masyarakat Kelurahan Sepe’e, khususnya di lingkungan Ta Kejuara, yang menjadi lokasi posko KKN.

“Setelah selesainya kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat lebih mengenal KKN Pendidikan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar UPTD SDN 4 Barru, serta merasakan dampak positif dari kegiatan ini, khususnya dalam dunia olahraga bola voli,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Hilmaida berharap agar para putri di Kelurahan Sepe’e, khususnya di Sejalan Pahlawan, dapat menjadi atlet yang tangguh dan berprestasi di masa depan.

“Menekankan pentingnya sportivitas dalam olahraga, serta mengharapkan lahirnya atlet-atlet voli yang dapat mengharumkan nama Kecamatan Barru dan Kabupaten Barru” ungkapnya.

Leave a Reply