UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR— Dua dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar saat ini tengah melanjutkan studi doktoral (S3) di Eropa. Mereka adalah Nasrul Haq yang menempuh pendidikan di Universitas Palermo, Italia, dan Ahmad Harakan di School of International Relations and Political Science, Universitas Corvinus Budapest, Hongaria.

Hal ini disampaikan oleh Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr Ihyani Malik, pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Kampus Unismuh.

Ia menjelaskan bahwa mayoritas dosen yang melanjutkan studi S3 berasal dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, dengan tujuh orang dosen saat ini sedang menempuh pendidikan lanjutan. Selain Ahmad Harakan di Eropa, enam dosen lainnya melanjutkan studi di program pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dosen Ilmu Pemerintahan yang menempuh pendidikan di Unhas antara lain Irwan Alim, Ahmad Taufik, dan Muhammad Randhy Akbar. Sementara itu, Rudi Hardi, Nur Khaerah, dan Hamrun melanjutkan studi di UMY.

Di Prodi dosen Ilmu Administrasi Negara, Nasrul Haq, melanjutkan pendidikan di Eropa, sementara dua lainnya, Sitti Rahmawati Arfah dan Rasdiana, sedang menempuh studi di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Sedangkan dosen Ilmu Komunikasi, Diana Rina dan Dian Muhtadiah Hamna, tengah melanjutkan studi doktoral di Unhas.

Ihyani Malik menyampaikan bahwa setelah para dosen tersebut menyelesaikan studi dan kembali ke kampus, mereka diharapkan dapat memperkuat sumber daya dosen, sehingga lebih profesional dan berdaya saing dalam proses pembelajaran. Selain itu, langkah ini juga diharapkan mendukung road map Unismuh 2024-2028 menuju universitas riset dan bereputasi internasional.

Leave a Reply