UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tahun akademik 2024-2035 Unismuh Makassar bakal mengusulkan pembukaan beberapa program studi baru.

Prodi baru yang diusulkan dibuka dalam tahun akademik 2024-2025 di antaranya; Kedokteran Gigi, S1 Kebidanan, Magister Kesehatan Haji, Profesi Ners, Profesi Farmasi, Profesi Arsitek.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Komisi A bidang Akademik dan Kerjasama pada hari kedua Rapat Kerja Unismuh Makassar 2024, Selasa 23 Juli 2024 di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar.

Rapat dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris Komisi A, Dr Arfah Bas’ha dan Dr Nasrun. Rapat juga turut dihadiri Wakil Rektor I, Dr. Ir Abd Rakhim Nanda, ST, MT, IPU.

Pada rapat komisi tercatat 574 item program kerja yang akan dilaksanakan selama tahun akademik 2024-2025.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dalam kategori yakni: Tata Pamong dan Tata Kelola sebanyak 319 unit kegiatan.

Kerjasama sebanyak 56 kegiatan; Pendidikan 168 kegiatan; Penelitian ada 31 jenis kegiatan; Pengabdian kepada Masyarakat sebanyak 42 kegiatan jadi total kegiatan yang dibicarakan dalam. rapat komisi sebanyak 576 jenis kegiatan dan selama rapat bertambah beberapa unit kegiatan sesuai saran dan masukan dari peserta rapat.

Pada rapat juga terungkap ada kegiatan untuk pengembangan website masing masing program studi; revisi statuta universitas; sosialisasi akreditasi internasional prodi dan laporan pelaksanaan.

Pada bagian kerjasama akan melakukan kerjasama dengan mitra internasional termasuk perusahaan, organisasi nirlaba, perusahaan multinasional.

Selain itu akan dilakukan penyusunan dan sosialisasi dokumen SOP dosen asing dan mahasiswa asing dan laporan pelaksanaan.

Pada bidang pendidikan akan laksanakan seminar internasional luaran prosiding terindeks Scopus, penyusunan panduan penyelenggara pendidikan kelas internasional.

Kegiatan lainnya adalah workshop kurikulum prodi sesuai dengan standar internasional, lokakarya persiapan perkuliahan mahasiswa asing.

Pada bagian penelitian, penelitian kerjasama internasional luaran jurnal terindeks Scopus dengan 10 prodi. Pengelolaan penelitian internal kolaborasi internasional.

Ada juga hibah penugasan penelitian bagi dosen rangking 1-30 Scopus Unismuh Makassar. Pendampingan peningkatan score Sinta dan sitasi dosen.

Kegiatan pada program pengabdian pada masyarakat di antaranya: hibah pengabdian kolaborasi internasional luaran prosiding terindeks Scopus untuk 12 prodi, PKM PTMA, pengiriman mahasiswa PUTM, dan Ma’had Al Birr berdakwah di bulan suci Ramadhan.

Pengiriman mubaligh hijrah, KKN Internasional, KKN Persyarikatan Wilayah Sulsel, Program KKN Mas dan beberapa kegiatan pengabdian lainnya.

Leave a Reply