UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dalam setahun terakhir, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mencatatkan sejumlah prestasi akademik yang gemilang. Selain capaian akreditasi institusi unggul, Unismuh juga mencatat kemajuan pesat dalam capaian akreditasi prodi.

Sebanyak 19 prodi telah meraih akreditasi Unggul, sementara 6 prodi lainnya berhasil memperoleh akreditasi A. Bahkan dua prodi, berhasil capai akreditasi internasional ASIIN.

Prodi-prodi yang meraih akreditasi Unggul meliputi Pendidikan Islam, Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Perpajakan, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Budidaya Perairan, Kehutanan, Agribisnis, Arsitektur, S2 Manajemen S2, dan S2 Ilmu Administrasi Publik.

Sementara itu, prodi-prodi yang meraih akreditasi A adalah Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, PGSD, Pendidikan Sosiologi, Teknologi Pendidikan, dan PPG.

Informasi ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr. Ir. Abd. Rakhim Nanda, ST., MT., IPU, dalam Rapat Kerja 2024 Unismuh Makassar pada Senin, 22 Juli 2024 di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar. Raker ini bakal dihelat hingga Selasa, 23 Juli 2024.

Selain capaian akreditasi, Dr. Nanda juga memaparkan peningkatan kinerja pendidikan Unismuh Makassar pada semua standar dibandingkan tahun 2022 dan 2023. Standar pembiayaan meningkat dari 80 persen pada tahun 2021-2022 menjadi 91 persen pada tahun 2022-2023. Peningkatan juga terjadi pada standar pengelolaan pembelajaran, sarana dan prasarana, dosen dan tenaga kependidikan, penilaian pembelajaran, proses pembelajaran, isi pembelajaran, dan kompetensi lulusan.

Unismuh Makassar juga mencatatkan 260 kerjasama hingga tahun 2024, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional. Kerjasama tersebut mencakup berbagai bentuk kegiatan, seperti asistensi mengajar, program joint degree, magang praktik kerja kampus merdeka, PKM nasional dan internasional, serta penelitian bersama nasional dan internasional.

Dalam bidang penelitian, Unismuh Makassar mencapai 352 penelitian pada tahun 2022-2023. Ketercapaian penelitian terlihat pada standar pendanaan dan pembiayaan penelitian, pengelolaan penelitian, sarana dan prasarana penelitian, penelitian, penilaian penelitian, proses penelitian, isi penelitian, dan hasil penelitian.

Selain itu, Unismuh Makassar juga melaksanakan 329 pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022-2023. Ketercapaian standar pendanaan dan pembiayaan PKM, pengelolaan PKM, sarana dan prasarana PKM, penilaian PKM, proses PKM, isi PKM, dan hasil PKM menunjukkan hasil yang positif.

Dalam publikasi, Unismuh Makassar mencapai 889 publikasi pada tahun 2022-2023, termasuk jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi. Selain itu, Unismuh Makassar juga berhasil meraih 52 Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pada tahun 2022-2023.

Leave a Reply