UNISMUH.AC.ID, Makassar – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menjadi tuan rumah Workshop Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Terakreditasi yang dilaksanakan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemdikbudristek.

Acara dihelat pada pada Kamis – Jumat, 20 – 21 Juni 2024, di Hotel Arthama, Makassar. Acara pembukaan diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor I Unismuh, Dr. Abd Rakhim Nanda dan sambutan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemdikbudristek.

Workshop yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya.

Materi yang dibahas antara lain, standar substansi artikel ilmiah, manajemen jurnal sesuai pedoman akreditasi, serta konsistensi isi naskah bidang eksakta dan non-eksakta.

Peserta mendapatkan materi tentang standar substansi artikel ilmiah dan konsistensi isi naskah bidang eksakta dari Andi Dirpan, serta manajemen jurnal ilmiah dari Ahsan Yunus dan Yusri. Selain itu, ada sesi pendampingan dan bedah jurnal yang dibagi menjadi dua sesi diskusi, membahas substansi dan manajemen jurnal baik untuk bidang eksakta maupun sosial humaniora.

Wakil Rektor I Unismuh Makassar berharap workshop ini tersebut meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah yang ada di kampus masing – masing, dan memperkuat posisi jurnal-jurnal tersebut dalam kancah akademik nasional maupun internasional.

Workshop, lanjut Rakhim Nanda, merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa jurnal ilmiah yang dikelola sesuai dengan standar akreditasi nasional, sehingga mampu berkontribusi lebih signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Apalagi, sambungnya, potensi mengkaji dan menuliskan fenomena ciptaan Allah swt sangat luas. Ia menyitir Alquran Surah Luqman ayat 27, yang terjemahannya:

“Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Terakhir, Wakil Rektor I Unismuh Makassar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kemdikbudristek kepada Unismuh sebagai penyelenggara acara.

“Unismuh tentu sangat bersyukur atas kepercayaan Kemdikburistek, semoga kerja sama semacam ini bisa terus berlanjut pada masa-masa mendatang,” ungkap Rakhin Nanda.

Acara ini diikuti oleh pengelola jurnal dari berbagai kampus di Makassar, selain pengelola jurnal dari Unismuh Makassar, acara ini juga diikuti oleh utusan Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Kristen Indonesia Paulus, dan Universitas Muslim Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, Unismuh Makassar berharap dapat terus meningkatkan kualitas dan akreditasi jurnal ilmiah yang dikelola, mendukung pengembangan riset, serta memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

Leave a Reply