UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unismuh Makassar telah mencapai usia 61 tahun dan telah banyak pencapaian telah diraih baik dari aspek pengajaran, penelitian, PKM dan pelayanan akademik.

Pada awal 2024 Unismuh Makassar meraih prestasi selaku kampus terakreditasi Unggul termasuk kampus ketiga di luar Jawa meraih akredirasi itu dan merupakan urutan ke 71 meraih akreditasi Unggul di seluruh kampus PTS se-Indonesia sebanyak 2290.

Pencapaian akredirasi unggul tersebut maka pihak LLDIKTI IX mendukung untuk mengejar akreditasi internasional.

Demikian sambutan tertulis Kepala LLDIKTI IX Dr Andi Lukman, M.Si, dibacakan Kabag Umum LLDIKTI IX, Syahruddin, ST, MM pada Wisuda Diploma Sarjana dan Pascasarjana ke-83 Unismuh Makassar Selasa 8 Oktober 2024 di Balai Sidang Muktamar ke-47 Unismuh Makassar.

Dijelaskan, pencapaian yang telah diraih Unismuh Makassar selama ini Akreditasi Unggul pihak LLDIKTI IX sangat mengapresiasi karena telah membawa nama harum kampus dan LLDIKTI pada tingkat nasional.

Pencapaian ini berkat kepemimpinan kampus yang kuat dan mampu mengelola seluruh sistem yang baik. Kondisi ini harus terus ditingkatkan dengan perbaikan berkelanjutan, membangun budaya mutu perguruan tinggi semakin berkualitas.

Prosesi wisudawan yang dilakukan Unismuh hari ini merupakan pertanggungjawaban kepada masyarakat dan ilmu yang telah diperoleh dimanfaatkan dan teruslah belajar sepanjang waktu.

Unismuh Makassar juga harus menjembatani para wisudawan untuk dapat mengisi pasar kerja yang dibutuhkan dan memastikan kurikulum tentu punya relevan dengan kondisi yang terjadi hari ini.

Unismuh telah menerapkan Outcome-Based Education (OBE) tentu mampu mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dan wawasan global, manejerial yang handal dan komunikatif yang kuat serta memberi inovasi dan solusi dalam memasuki era globalisasi dan digitalisasi.

Kepala LLDIKTI IX berpesan kepada para alumni untuk terus menjunjung nama baik almarmater serta menjalin komunikasi dengan almamater agar jadi bahan evaluasi untuk perbaikan dimasa mendatang.

Para wisudawan ini harus senantiasa jadi penggerak pendidikan dengan menjaga nilai moral dan lulusan yang berjiwa enterpreneurship serta percaya diri, visionel dan berorientasi hasil.

Wisuda ke-83 ini ada sebanyak 1.227 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan diwisuda, terdiri dari Ahli Madya, Sarjana, Dokter, Magister, hingga Doktor.

Para alumni yang diwisuda berasal dari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi penyumbang wisudawan terbanyak, yakni 246 orang. Selain itu, jumlah lulusan dari fakultas lainnya meliputi Fakultas Agama Islam (FAI) 113 Orang.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 232 Orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 153 Orang, Fakultas Pertanian (Faperta) 68 orang, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik 187 Orang, dan Program Pascasarjana 140 Orang.*

Leave a Reply