UNISMUH.AC.ID, BARRU– Mahasiswa KKN Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bersama UPTD SDN 4 Barru Posko 4 melaksanakan program kerja (Proker) Orientasi Kepalang Merahan dan Pembentukan PMR Mula. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ekstrakurikuler di UPTD SDN 4 Barru, yang saat ini baru memiliki ekstrakurikuler bola voli dan Pramuka. Barru, 04 Oktober 2024

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Arniaty Syarifuddin, SPd, MPd, selaku Kepala Sekolah UPTD SDN 4 Barru. Dalam sambutannya, Arniaty menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah.

“Pembentukan PMR Mula ini diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli siswa dan menjadikan mereka sebagai individu yang mampu memberikan pertolongan kepada orang lain sebagai wujud cinta kepada nusa dan bangsa,” ungkapnya.

Arniaty juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan pengurus PMI Kabupaten Barru yang telah berperan sebagai fasilitator dalam pembentukan PMR Mula. Ia berterima kasih kepada mahasiswa KKN Pendidikan PGSD Unismuh Makassar yang telah memberikan warna baru di sekolah melalui proker ini.

Selanjutnya, Alam Setiawan, SPd, perwakilan PMI Kabupaten Barru, juga memberikan sambutan. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada guru-guru dan mahasiswa KKN DIK Unismuh Makassar atas penyelenggaraan kegiatan ini. “PMR Mula di Kabupaten Barru baru terbentuk di dua sekolah dalam lima tahun terakhir. Dengan terbentuknya PMR Mula di UPTD SDN 4 Barru, yang menjadi PMR Mula 003, kami berharap dapat menjalankan kegiatan pelatihan secara rutin dan berpartisipasi dalam lomba PMR Mula ke depannya,” ujarnya.

Setelah pembukaan resmi, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Palang Merah yang dibawakan oleh Kakanda Alam Setiawan, SPd.

Mahasiswa KKN DIK UPTD SDN 4 Barru berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa, guru, dan akreditasi sekolah. “Kami berharap siswa yang mengikuti PMR Mula dapat memanfaatkan ekstrakurikuler ini untuk meningkatkan wawasan, pengalaman, dan prestasi, serta menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat di manapun mereka berada,” tutup mereka.

Leave a Reply