UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim PKM Kemendikbudristek dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Popo Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Selasa, 24 September 2024 terkait dengan Diversifikasi pengolahan tahu.

Kegiatan PKM tersebut dihadiri oleh Dr Ir Jumiati, MM, IPM, MCE, selaku Ketua Tim, Hasriani, STP, MSi dan Dr Ir Andi Khaeriyah, MPd, IPU. selaku anggota Tim serta mahasiswa sebagai anggota yang memperoleh rekognisi dari kegiatan PKM. Ketua Ketua, pengurus dan anggota Kelompok Tani Terang-terang, selaku Mitra sasaran Pengabdian, hadir pula dari Dinas Perikanan Kabupaten Takalar dan Penyuluh Desa Popo.

Dalam kesempatan tersebut Dr Jumiati, IPM, MM,MCE selaku Ketua Tim mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini selain memberikan diversifikasi olahan tahu akan dilanjutkan kegiatan pelatihan pembuatan pelet ikan dari limbah tahu, pengabdian yang dilakukan hari ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra dalam hal diversifikasi olahan tahu, pengemasan dan labelin produk.

Kegiatan ini diikuti sekitar 20 orang peserta yang merupakan anggota Kelompok Tani Terang-terang, untuk pengolahan tahu di ikuti Sebagian besar anggota Perempuan.

Abdul Haris Nai selaku ketua kelompok menyampaikan bahwa untuk pengolahan tahu akan diikuti oleh kebanyakan anggota Perempuan sedangkan nantinya kegiatan pelatihan pelet ikan akan diukuti lebih banyak anggota laki – laki.
Ketua tim, dan Kepala Bidang mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh kelompok untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota kelompok, yang bisa memberikan nilai tambah dengan mengolah menjadi tahu olahan berupa kripik tahu, naget dan pengemasan dan pemberian label pada produk.

Sehingga kegiatan ini tidak hanya berakhir di kegiatan hari ini tetapi kelompok bisa mengembangkan dan betul – betul memberikan penghasilan tambahan buat anggota dengan kata lain dari tidak berdaya menjadi berdaya ” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, Abdul Haris Nai menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi Tim dari Unismuh Makassar yang bukan cuma kali ini saja hadir untuk memberikan atau berbagi pengetahuan dan pelatihan. Kami selalu menunggu tim dari Unismuh untuk terus memberikan pendampingan di masyarakat.

Terakhir, ia menekankan bahwa kami masih membutuhkan untuk terus didampingi sampai memperoleh izin dari balai BPOM sehingga produk yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Terang- terang ini bisa berkembang.

Selain itu masih mengundang Kembali instansi pemerintah untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu pengolahan pelet ikan dimana tim PKM dari unismuh sudah memberikan mesin peralatan untuk pengolahan.

Leave a Reply