UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Unismuh Makassar Sabet Medali Perak pada Ajang Internasional World Invention Competition and Exhibition (WICE) Malaysia 2024 Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) meraih Medali Perak dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2024. Ajang tersebut digelar di MAHSA University (Malaysia).

Mahasiswa yang tergabung dalam delegasi Unismuh Makassar yakni Abdillah Khofial Luthfi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebagai ketua tim, Sabriani Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Putri Nurul Khairiyah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sartika mahasiswa program studi Pendidikan Fisika, dan Luki mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam yang mengeksplorasi tema Inovatif Social Science dalam presentasi karya.

Dalam kesempatan tersebut Dosen Pembimbing menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 515 tim dari 15 negara termasuk Indonesia, Bangladesh, Belarusia, Vietnam, India, Turki, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Kazakhstan, Turkmenistan, Afrika Selatan, Malaysia dan Meksiko. Hal tersebut menuntut peserta untuk bersaing dengan ketat.

“Mendapatkan medali perak tidaklah mudah. Kami harus berlatih dengan konsisten, mulai dari tahap persiapan hingga presentasi karya menggunakan bahasa Inggris” tutur

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa selaku dosen pembimbing ikut menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa bimbingannya,

“Prestasi ini tak lepas dari semangat juang mahasiswa untuk tetap melangkah maju dan kegigihan mereka dalam menjalani proses. Keberhasilan Tim Abdillah bukan sekedar kemampuan akademik yang diembannya, melainkan mampu melewatinya,” tambahnya.

Selaku Ketua Tim, Sabriani menyampaikan bahwa terberat dalam suatu karya ilmiah, yaitu Kedalaman suatu Ide.

“Kami berterima kasih atas bimbingan dari dosen yang kompeten, dan juga berharap karya ini bisa bermanfaat bagi banyak orang,” katanya.

Terpisah, Ketua Prodi Pendidikan Matematika Ma’rup, S.Pd., M.Pd Unismuh Makassar, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam meraih juara Silver Medal pada kompetisi ilmiah tingkat Internasional pada kegiatan World Invention Competition and Exhibition oleh MAHSA University Malaysia yang diikuti 15 Negara.

“Tahun ini, peningkatan prestasi siswa baik di tingkat nasional maupun internasional meningkat pesat. Hal ini menunjukkan bahwa siswa prodi pendidikan matematika mampu bersaing di tingkat internasional. Besar harapan kompetisi internasional yang diikuti oleh siswa dapat memberikan kontribusi positif bagi pemerhati pendidikan matematika,” tutupnya.

Leave a Reply