UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR Sebanyak 40 mahasiswa Fisip Unismuh Makassar rencana menjalani Kuliah Kerja Profesi (KKP) angkatan XXIX di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Soppeng.

Rencana penempatan KKP mahasiwa Fisip Unismuh Makassar itu di Kantor Bawalu Soppeng terungkap pada saat Ketua Bawalu Soppeng, Muhammad Hasbi, S.Sos, M.Si melakukan kunjungan kerja dan silaturrahim Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si di ruang kerjanya, Lt. 5 Gedung Iqra Unismuh Makassar, Selasa 24 September 2024.

Pada kunjungan tersebut, Ketua Bawaslu Muhammad Hasbi yang didampingi salah seorang stafnya, siap menerima para mahasiswa Fisip Unismuh Makassar melaksanakana KKP di Soppeng dan rencana akan ditempatkan pada 8 wilayah kecamatan di Soppeng.

Sebelum turun ke masyarakat melakukan tugas pemantauan para mahasiswa Fisip Unismuh Makassar itu akan diberi pembekalan agar mahasiswa itu dapat memahami tugas dan fungsi Bawaslu sehingga akan dengan mudah menjalankan tugas tugas pemantauan, katanya.

Kehadiran mahasiswa Fisip Unismuh Makassar ini di tengah masyarakat Soppeng sekaligus menjadi isyarat pelibatan masyarakat sipil dalam melakukan proses pemantauan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024, katanya.

Sesuai rencana pembekalan kepada para mahasiswa KKP ini akan dilaksanakan Kamis 26 September 2024 di Kampus Unismuh dengan nara sumber Ketua Bawaslu Soppeng dan Bupati Gowa.

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Ihyani Malik kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kesediaan pihak Bawaslu menerima para mahasiswa Fisip melakukan KKP di kantor Bawaslu Soppeng.

KKP di kantor Bawaslu Soppeng ini sangat strategis dan memberi manfaat sangat mendasar dan mendalam kepada mahasiswa karena akan mengamati dan bersentuhan langsung dengan proses kerja Bawaslu dalam memantau pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Kordinator Panitia KKP Angkatan XXIX, Dr. Andi Luhur Prianto, M.Si menambahkan, KKP Gelombang XXIX ini selain di Bawaslu Soppeng juga ada ditempatkan di Bawaslu Provinsi Sulsel, Bawaslu Kota Makassar, Bawaslu Gowa dan Bawaslu Soppeng.

Disamping itu juga penempatan di beberapa kecamatan di Gowa yakni; ; Pattalassang, Bontomarannu, Sombaopu dan Palangga.

Rencana pelepasan mahasiswa KKP Angkatan XXIX akan dilaksanakan Senin 30 September 2024 menuju ke lokasi masing masing.

Penarikan dari lokasi akan dilakukan sebelum 27 Nopember 2024. Setelah penarikan mahasiswa harus membuat laporan selama berada di lakasi.

Turut mendampingi Dekan Fisip Unismuh saat meneriman tamu Ketua Bawaslu Soppeng, Kordinator Panitia KKP 2024; :Dr. Andi Luhur Prianto, M.Si; Pemantau : Nur Khaerah S.IP MIP.

Ketua Panitia : Rudi Hardi S.Sos M.Si. Sekretaris; Rusliadi S.sos, M.AP, anggota panitia, Jus Riadi, S.Sos, M.Si serta Humas Panitia KKP 2024, Dr.Muhammad Yahya, M.Si.

Leave a Reply