UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar acara silaturahmi dosen yang dirangkaikan dengan kuliah tamu, Kamis (19/09/2024). Kuliah tamu kali ini menghadirkan narasumber Assoc. Prof. Dr. Usman Jasad, M.Pd., dengan tema “Pendidikan Enterpreneurship sebagai Sarana Dakwah di Era Digital.”

Dekan FAI, Dr. Amirah Mawardi, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen yang telah mengabdikan diri di fakultas. “Saya sangat menghargai dedikasi para dosen yang terus berkontribusi dalam pengembangan Fakultas Agama Islam. Tanggung jawab Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat harus senantiasa kita jaga,” ujarnya.

Amirah juga meminta doa dari seluruh dosen agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan masa jabatannya yang akan berakhir dalam waktu dekat. Pada kesempatan ini, ia juga memperkenalkan ketua-ketua lembaga fakultas dan ketua UKM terpilih dari kalangan mahasiswa FAI.

Entrepreneurship sebagai Sarana Dakwah

Dalam kuliah tamu, Dr. Usman Jasad menyampaikan pentingnya entrepreneurship sebagai salah satu sarana dakwah di era digital. Ia mendorong FAI untuk membuka program studi baru, seperti Manajemen Haji dan Umrah.

“Dengan berdagang, kita mendapatkan kemandirian, karena hanya berharap kepada Allah. Kejujuran dalam berdagang sangat penting dan harus menjadi nilai utama yang dipegang seorang pengusaha,” ungkapnya.

Usman Jasad juga menekankan tiga karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha, yakni tabligh (komunikatif), fathanah (cerdas), dan amanah (jujur). “Seorang pengusaha harus mampu menyampaikan gagasannya dengan baik, bijaksana dalam menghadapi tantangan, serta cerdas dalam memanfaatkan peluang untuk mencapai keuntungan,” tambahnya.

Apresiasi kepada Dosen Purna Tugas

Pada acara tersebut, Dekan FAI juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dr. Ir. H. Muchlis Mappangaja, M.P., dosen purna tugas dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

“Saya bersyukur dapat mengabdi di universitas ini selama 10 tahun. Di sini, saya bertemu dengan banyak orang saleh, baik di kelas maupun di tempat ibadah,” tutur Muchlis saat memberikan sambutannya.

Selain itu, Gugus Kendali Mutu FAI, yang diwakili oleh Hurriah Ali Hasan Ph.D juga menyampaikan hasil evaluasi kinerja dosen FAI. Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan akademik di lingkungan FAI Unismuh.

Leave a Reply