UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menunjukkan prestasinya dengan berhasil meloloskan empat tim wirausaha mahasiswa untuk mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV tahun 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX ini akan berlangsung di Universitas Halu Oleo, Kendari.

Unismuh Makassar menjadi salah satu universitas dengan jumlah tim terbanyak yang lolos di wilayah LLDIKTI IX, hanya terpaut satu tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) yang meloloskan lima tim. Prestasi ini menempatkan Unismuh Makassar di posisi kedua dari total delapan universitas yang lolos di Sulsel.

KMI Expo adalah ajang bergengsi bagi mahasiswa sekaligus menjadi tempat bertemunya para wirausaha muda dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ajang ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga platform untuk memperkenalkan produk inovatif karya mahasiswa, serta membangun jejaring dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk investor, mentor, dan para pelaku dunia usaha dan industri (DUDI).

Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unismuh Dr Nenny MT IPM menyampaikan apresiasi atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah capaian Prestasi ini mencerminkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa Unismuh cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas dari dukungan yang kami berikan ke mahasiswa mulai dari tahap pendampingan pembuatan proposal, pelaksanaan project bisnis sampai pada tahap PKP2 oleh pihak Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen pendamping yang telah berkontribusi dalam mendukung pencapaian mahasiswa.

“Kami terus mendukung mahasiswa untuk berinovasi dan berwirausaha di tengah tantangan era disrupsi saat ini,” ujarnya.

Selain Unhas dan Unismuh, beberapa perguruan tinggi lain yang meloloskan tim adalah Universitas Muhammadiyah Bone dengan tiga tim, Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI) dengan masing-masing dua tim, serta Universitas Cokroaminoto Makassar, Universitas Dipa Makassar (UNDIPA), dan STKIP Panrita Husada Bulukumba yang masing-masing meloloskan satu tim.

Kegiatan KMI Expo XV ini akan menjadi wadah bagi para wirausaha muda untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, serta praktik terbaik dalam menghadapi tantangan di era digital. Ajang ini diharapkan dapat memperluas kolaborasi antara wirausaha muda dengan pemangku kepentingan terkait.

Unismuh Makassar melalui LPKA melalui devisi Kewirausahaan dan Karier dan kesejahteraan mahasiswa optimis bahwa keikutsertaan mahasiswa unismuh di KMI Expo kali ini akan membuka peluang besar bagi mahasiswa dalam mengembangkan project bisnisnya dan memberikan kesempatan penciptaan usaha baru bagi mahasiswa setelah kelak menjadi alumni.

Dengan partisipasi ini, Unismuh Makassar terus mempertegas perannya sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendorong terciptanya ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan di Indonesia.

Adapun daftar Tim yang lolos KMI EXPO yaitu :

  1. Portable KIT D Gear Inovasi Alat Peraga Kinematika yang Edukatif bagi Siswa Siswa (Bidang bisnis manufaktur dan teknologi terapan), Ketua Tim Resdi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika)
  2. Cermin Link Cermin Estetik dari Limbah Pertanian Ramah Lingkungan ( bidang bisnis Kreatif), Ketua Tim Reski Mahasiswa Program Studi Akuntansi
  3. Vi tour Culture Aplikasi Tour Virtual Berbasis Budaya (Bidang bisnis digital), Ketua Tim Laely Zahrah Auliah Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan
  4. VirtuPhyLab Solusi Praktikum Fisika Berbasis VR (Bidang Bisnis Digital), Ketua Tim Dina Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika

Leave a Reply