UNISMUH.ACI.ID, MAKASSAR – Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si katakan, para mahasiswa baru 2024 hari ini harus bertekad selesai tepat waktu delapan semester. Target penyelesaian studi terpat waktu itu akan dapat dicapai dengan mendengarkan materi dari bagian akademik fakultas.

Hal demikian ditegaskan Dr Ihyani Malik saat membuka Masa Orientasi dan Ta’aruf mahasiswa baru Fisip Unismuh Makassar secara offline dan daring , Sabtu 7 September 2024 di aula Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar.

Dijelaskan, masa masa studi 3.5 tahun dengan belajar tekun dan serius akan mampu menyelesaikan studi dengan baik. Apalagi para dosen yang mengajar memiliki kemampuan dan keterampilan yang juga sudah teruji.

Civitas akademika Fisip Unismuh Makassar senantiasa bertekad untuk mencetak orang orang hebat dalam proses akademik dan pembelajaran di ruang kelas, katanya.

Jenjang studi pada program S1 paling lama 7 tahun atau 14 semester kalau sudah lewat secara otomatis akan dikeluarkan oleh sistem, tandasnya.

Pada kesempatan itu dijelaskan kalau Fisip mengelola tiga program studi yakni; S1 Ilmu Administrasi Negara dengan status akreditasi unggul, S1 Ilmu Pemerintahan juga akreditasi Unggul dan S1 Ilmu Komunikasi akreditasi B atau Sangat Baik.

Selain itu fakultas sedang mempersiapkan pembukaan prodi baru yakni; S1 Psikologi, S2 Ilmu Pemerintahan dan S3 Administrasi Publik, tandasnya.

Sumber daya dosen di Prodi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 23 orang, 12 berpendidiian doktor sisanya magister. Prodi Ilmu Pemerintahan jumlah dosen 16 orang, 4 dosen berpendidikan doktor sisanya magister. Prodi Ilmu Komunikasi 12 dosen, ada 2 berpendidikan doktor dan sisanya magister.

Ditambahkan juga kalau ada dua dosen melanjutkan studi doktoral (S3) di Eropa. Mereka adalah Nasrul Haq menempuh pendidikan di Universitas Palermo, Italia, dan Ahmad Harakan di School of International Relations and Political Science, Universitas Corvinus Budapest, Hongaria.

Pada acara ini Ihyani memperkenalkan para pimpinan struktural pada tingkat fakultas, ketua prodi, dosen-dosen, kepala tata usaha, tenaga kependidikan serta akfifis mahasiswa pada lembaga tingkat fakultas dan prodi.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Masa Orientasi dan Ta’aruf Mahasiswa Baru 2024 Fisip Unismuh, Dr. Nurwahid, S.Sos, M.Si menambahkan, tahun akademik 2024/2025 mahasiswa baru Fisip Unismuh Makassar tercatat 179 menyebar pada tiga program studi yakni; Prodi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 87 orang, Ilmu Pemerintahan (35) serta Ilmu Komunikasi 57 orang.

Selama ta’ruf para mahasiswa baru mendapatkan materi pengenalan akademik oleh Wakil Dekan I, Dr. Andi Luhur Prianto, S.IP, M.Si; Keuangan dan Kemahasiswaan oleh Wakil Dekan II dan III; Nurkhaerah, S.IP, M.IP dan Dr. Nurwahid, M.Si. Al Islam Kemuhammadiyahan, Wakil Dekan IV, Dr. M. Amin Umar, S.Ag, M.P.d.I.

Materi lainnya adalah pengenalan kelembagaan mahasiswa oleh ketua lembaga IPP, BEM dan HMJ (Humaniera, Himjip dan Humanikom) lembaga mahasiswa Fisip Unismuh; pengenalan seputar akademik Fisip, Pengenalan Keuangan dan Kemahasiswaan, Pengenalan Al-Islam Kemuhammadiyahan, pengenalan program studi dan Simak Unismuh.

Usai masa orientasi dan ta’aruf para mahasiswa baru itu sesuai rencana akan dikukuhkan secara resmi selaku mahasiswa lewat rapat senat luar biasa, Senin 9 September 2024 di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar.

Kuliah perdana sesuai kalender akademik akan dimulai pada 17 September 2024 sedangkan batas akhir pengisian KRS bagi para mahasiswa pada 14 September 2024, katanya.

Saat ini yang jadi jadi Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si; Wakil Dekan I, Dr Andi Luhur Prianto, S.IP, M.Si; Plt Wakil Dekan II, Nur Haerah, S.IP, MA; Plt Wakil Dekan III, Nur Wahid, S.Sos, M.Si, Wakil Dekan IV, Dr.Amin Umar, S.Ag, M.Pd.I.

Ketua Prodi S2 Ilmu Administrasi Negara Unismuh, Dr.Hj Fatmawati A.Mappasere, M.Si. Ketua Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, Dr. Nur Wahid,S.Sos, M.Si; Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, Rudi Hardi, S.IP, M.Si; Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Dr. Syukri, S.Sos, M.Si.

Leave a Reply