UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pada acara Orientasi dan Taaruf Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Wakil Rektor I, Dr Burhanuddin, memaparkan berbagai informasi penting terkait proses akademik kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025.

Hal itu ia sampaikan pada Kamis, 5 September 2024 di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Dalam sambutannya, Burhanuddin menekankan pentingnya peran dosen dan mahasiswa serta infrastruktur pendidikan dalam menunjang proses belajar mengajar di Unismuh.

“Keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi tidak lepas dari sinergi antara dosen, mahasiswa, dan infrastruktur pembelajaran yang memadai,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa mahasiswa akan menjalani sistem pendidikan yang terstruktur, dimulai dengan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang wajib dikonsultasikan dengan penasihat akademik.

“Mata kuliah semester pertama dan kedua masih paket, dan jumlah SKS tidak boleh lebih dari 20. Bagi yang IPK-nya tinggi, dapat mengambil mata kuliah lebih banyak, namun maksimal 24 SKS,” jelasnya.

Dr Burhanuddin juga mengingatkan mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat dan mengejar prestasi akademik agar bisa lulus tepat waktu.

“Dengan IPK yang baik, mahasiswa bisa menyelesaikan studinya dalam waktu 3 hingga 3,5 tahun,” tambahnya.

Selain itu, Wakil Rektor I juga membahas berbagai jalur penyelesaian studi, termasuk jalur skripsi dan jalur publikasi ilmiah, yang memungkinkan mahasiswa menyusun artikel ilmiah sebagai pengganti skripsi.

Sesi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru Unismuh, yang dihadiri oleh lebih dari 3000 mahasiswa.

Leave a Reply