UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar kini punya ketua prodi yang baru. Sosok yang diberi amanah jadi orang nomor satu di prodi ini adalah, Rudi Hardi, S.Sos, M.Si.

Rudi menggantikan ketua prodi ilmu pemerintahan sebelumnya, Ahmad Harakan yang lanjut studi S3 di School of International Relations and Political Science, Universitas Corvinus Budapest, Hongaria.

Periode kepemimpinan pria kelahiran Majene, 18 April 1970 sesuai dengan SK bernomor 256 Tahun 1446 H/2024 M tertanggal 29 Agustus 2024 di tandatangani Rektor Unismuh, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, ST, MT, IPU sampai dengan 30 Juni 2025.

Saat ini Prodi Ilmu Pemerintahan telah meraih akreditasi unggul dengan sumber daya manusia dosen yang berkualitas beberapa orang sudah mencapai jenjang pendidikan doktor dan salah seorang dosen telah mencapai jabatan fungsional Guru Besar.

Dosen Ilmu Pemerintahan yang menempuh pendidikan di Unhas antara lain Irwan Alim, Ahmad Taufik, dan Muhammad Randhy Akbar. Sementara itu, Rudi Hardi, Nur Khaerah, dan Hamrun melanjutkan studi di UMY.

Rudi Hardi menyelesaikan jenjang S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas, S2 Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan PPs-Unhas dan S3 University Sains Malaysia dan S3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dosen yang satu ini produktif menulis buku termasuk di antaranya; Tangan Gaib Pembangunan Ekonomi Pesisir (2020); Pelembagaan Pembangunan di Kawasan Pesisir Marginal (2021).

Eksplorasi Social Capital Pengurangan Resiko Bencana Alam (2022). Modal Sosial dan Resiliensi Masyarakat Pada Pengurangan Risiko Bencana Alam (2023).

Menunggu Pemerintah: Mereka Yang “Berusaha” Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19, (2022). Nelayan : suatu tinjauan sosiologi ekonomi : book chapter, (2021). Politik dan kebijakan publik (2023).

Selain itu juga aktif menulis artikel dan terpublikasi pada jurnal terindeks scopus, jurnal internasional, Sinta 2 dan jurnal nasional.

Leave a Reply