UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menggelar kuliah tamu dengan tema “Perpaduan Ilmu Pengobatan dan Kesehatan Islam: Telaah Kitab Al-Qanun fi al-Thibb dan Kitab Ash-Shifa Karya Dokter Filsuf Ibnu Sina”.

Acara ini akan digelar pada Jumat, 30 Agustus 2024 pukul 08.30 WITA hingga selesai, di Ruang Aula Lantai 1 FKIK Unismuh Makassar.

Kuliah tamu ini akan menghadirkan Ketua PP Muhammadiyah, Dr KH Saad Ibrahim sebagai pembicara utama, Prof Veni Hadju sebagai penanggap.

Acara diawali dengan sambutan Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Suryani As’ad dan Rektor Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda.

Kitab Al-Qanun fi al-Tibb, atau The Canon of Medicine, adalah sebuah karya medis terkenal yang ditulis oleh Ibnu Sina (Avicenna) pada abad ke-11. Buku ini membahas berbagai aspek medis, termasuk teori-teori penyakit, diagnosa, dan pengobatan. Buku ini juga mencakup pengetahuan tentang obat-obatan, anatomi, dan filosofi medis. Karya ini menjadi referensi utama dalam ilmu kedokteran selama berabad-abad di dunia Islam dan Eropa.

Sedangkan dalam Kitab Ash-Shifa, Ibnu Sina membahas berbagai aspek ilmu kedokteran secara mendalam. Buku ini mencakup prinsip-prinsip dasar kedokteran, termasuk teori-teori penyakit, diagnosis, dan pengobatan. Ibnu Sina juga membahas tentang anatomi tubuh manusia, farmakologi (ilmu tentang obat-obatan), serta metode-metode pengobatan. Meskipun fokus utama Kitab al-Shifa adalah pada filosofi dan logika, bagian medisnya memberikan wawasan penting mengenai pendekatan ilmiah dan sistematis dalam memahami dan mengobati penyakit pada masa itu.

Kuliah tamu ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap kontribusi ilmiah Ibnu Sina, serta menggali relevansinya dalam konteks ilmu kesehatan modern.

Leave a Reply