UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sejatinya, Hari Sabtu, 17 Agustus 2024, adalah hari libur nasional. Kantor-kantor dan kampus tutup. Tidak ada kegiatan, kecuali Upacara Peringatan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI. Tapi di Sabtu libur tersebut, ratusan dosen dan karyawan Universitas Muhammadiya (Unismuh) Makassar justru ramai-ramai dating ke kampus di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Bukan untuk upacara, melainkan untuk merayakan HUT Proklamasi dengan mengadakan kegiatan olahraga senam bersama, lomba senam, lomba baca puisi, lomba pantun, dan lomba lari kelereng.

Kegiatan Sabtu Ceria tersebut diprakarsai Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof Andi Sukri Syamsuri, dan menyampaikan undangan melalui grup WA “Senam Ala Menara Iqra”, Jumat, 16 Agustus 2024.

“Dalam rangka HUT RI ke 79, maka Komunitas Senam Sehat akan melaksanakan Lomba-Lomba Hiburan. Olehnya itu, kami mengundang Bapak/Ibu semua yg berada di grup ini Anggota Komunitas Senam Sehat Unismuh Mks hadir dan ikut berpartisipasi sebagai peserta Lomba, Insya Allah akan disiapkan hadiah hiburan yang menarik,” tulis Pak Andis, sapaan akrab Prof Andi Sukri Syamsuri.

Maka di Sabtu pagi itu, berkumpullah para dosen dan karyawan di depan Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar.

Di bawah cuaca yang cukup cerah namun terasa teduh karena sinar matahari terlindung dari Gedung Menara Iqra yang berlantai 17, mereka memulai senam bersama pada pukul 07.30 Wita yang dipandu dua orang instruktur senam profesional.

Pada saat senam berlangsung, juri langsung memberikan penilaiansecara acak kepada peserta senam, dan Ketua Panitia Dr Muhammad Akhir langsung menyerahkan hadiah kepada peserta yang ditunjuk sebagai pemenang. Dan itu dilakukan selama berlangsungnya senam sehingga cukup banyak peserta yang mendapatkan hadiah juara lomba senam.

Selanjutnya dilangsungkan lomba lari kelereng yang diikuti para dosen dan karyawan yang dibagi dua kategori, yaitu kategori putra dan kategori putri.

Lomba lari kelereng ini berlangsung seru karena setiap peserta menggigit sendok dan kelereng ditaruh di sendok tersebut, kemudian peserta berjalan atau berlari dari tempat start menuju garis finish yang jaraknya kurang lebih 15 meter.

Dan ternyata pada setiap sesi, ada saja peserta yang terjatuh kelerengnya sebelum sampai di garis finish, bahkan ada peserta yang kelerengnya terjatuh hanya satu langkah sebelum mencapai garis finish.

Hadiah kepada para pemenang lomba lari kelereng juga langsung diserahkan oleh ketua panitia seusai lomba.
Lomba kemudian dilanjutkan denga lomba baca puisi yang diikuti 10 peserta, antara lain Prof Bahaking Rama, Ketua Program Studi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar.

Juga ada beberapa peserta lainnya seperti Dr Andi Mulawakkan Firdaus MPd (dosen Pendidikan Matematika FKIP, Ketua Kurikulum dan MBKM) yang membacakan puisi berjudul: “Kepada Pahlawan Nasional Andi Sulthan Daeng Radja”, karya Mahrus Andis.
Prof Bahaking Rama kemudian dinyatakan keluar sebagai juara kedua, dan Dr Andi Mulawakkan sebagai juara ketiga.

Lomba terakhir yaitu lomba pantun yang juga diikuti sekitar 10 peserta, antara lain Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik, Dr Ihyani Malik yang akhirnya keluar sebagai juara pertama.

Penyerahan hadiah kepada juara lomba baca puisi dan lomba pantun menjadi penutup Sabtu Ceria HUT Proklamasi di Unismuh Makassar, dan seusai penutupan dilanjutkan dengan makan siang Bersama.

Leave a Reply