UNISMUH AC ID, MAKASSAR – Dr Burhanuddin, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama.

Penunjukan ini dilakukan menyusul kekosongan jabatan setelah Warek I sebelumnya Dr Abd Rakhim Nanda resmi dilantik sebagai Rektor Unismuh untuk periode 2024-2028.

Keputusan ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan, yang dibacakan oleh Wakil Rektor II, Prof Andi Sukri Syamsuri, dalam rapat pimpinan yang berlangsung di ruang rapat senat, lantai 17 Gedung Iqra Unismuh, Jumat,16 Agustus 2024.

“SK ini ditembuskan kepada PP Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Badan Pembina Harian Unismuh, serta Rektor Unismuh,” kata Prof Andi Sukri saat membacakan keputusan tersebut.

Rapat yang dipimpin oleh Rektor Unismuh, Dr Abd Rakhim Nanda, dihadiri oleh para wakil rektor, dekan, wakil dekan, kepala biro, dan pimpinan lembaga di lingkungan Unismuh.

Setelah pembacaan SK, dokumen tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua PWM Sulsel Dr Mawardi Pewangi kepada Dr Burhanuddin.

Dalam rapat tersebut, Rakhim Nanda juga memimpin rapat dengan sejumlah agenda penting lainnya, termasuk perpanjangan masa penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 hingga 2 September 2024. Selain itu, persiapan Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan tahun akademik 2024/2025 yang akan dilaksanakan secara hybrid pada 3 September 2024 turut dibahas.

Agenda lain yang dibahas adalah pelaksanaan perkuliahan semester ganjil dan genap bagi mahasiswa baru yang masih akan berlangsung secara daring.

Rektor Abd Rakhim Nanda juga menyoroti beberapa program studi yang telah mencapai atau bahkan melebihi kuota penerimaan mahasiswa baru, seperti tiga program studi di Ma’had Al-Birr yang terintegrasi dengan Fakultas Agama Islam (FAI), yakni Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, serta Hukum Keluarga. Prodi lainnya yakni Farmasi dan Pendidikan Dokter.

Dalam kesempatan tersebut, Rakhim Nanda optimistis bahwa dengan perpanjangan masa pendaftaran hingga 2 September, jumlah calon mahasiswa baru akan terus bertambah.

Rapat ini juga diisi dengan pengajian singkat oleh Dr Mawardi Pewangi, yang mengutip Surah As-Shaff ayat 4 sebagai pedoman dalam menjaga ketertiban administrasi dan kebersamaan dalam organisasi, sebagaimana dipegang teguh oleh pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Leave a Reply