UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar bekerja sama dengan College of Political Science & Public Administration (CPSPA) Polytechnic University of the Philippines, akan menggelar konferensi internasional pada 23-24 Agustus 2024. Acara tersebut akan membahas lebih dari 100 makalah yang berasal dari peserta di sembilan negara.

Konferensi yang bertajuk “International Conference on Sustainability and Democratic Governance” (ICOSDEG) ini akan diikuti oleh peserta dari sembilan negara, yaitu Filipina, India, Afrika Selatan, Australia, Hungaria, Pakistan, Nigeria, Botswana, dan Indonesia.

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Hotel Imperial, Kota Makassar, dengan format hybrid yang menggabungkan pertemuan daring dan tatap muka.

Hal tersebut diungkapkan dalam rapat panitia pelaksana konferensi internasional FISIP Unismuh yang dipimpin oleh Wakil Dekan I FISIP Unismuh Makassar, Dr. Andi Luhur Prianto, S.IP, M.Si, pada Jumat, 2 Agustus 2024, di Rumah Makan Wong Solo Makassar.

Luhur menambahkan bahwa kegiatan akademik berskala internasional ini sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2018 dan baru akan diselenggarakan kembali pada tahun 2024.

Peserta konferensi dari Indonesia di antaranya berasal dari kampus-kampus terkemuka, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Riau, Universitas Palangkaraya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ngurah Rai, Universitas Surabaya, UMY, UMSU, hingga Unswim Nabire serta berbagai PTN/PTKIN dan PTS lainnya.

Konferensi internasional kali ini juga akan dirangkaikan dengan Workshop Journal Publishing serta pendampingan penulisan pasca-konferensi. Makalah para peserta akan didampingi dalam proses seleksi manuskrip hingga layak terbit.

Publikasi luaran konferensi ini diarahkan pada jurnal Frontiers in Politics (Scopus Q1) dan Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan (Web of Science/Sinta 2), jurnal yang dikelola FISIP Unismuh, serta beberapa jurnal Sinta 2 lainnya yang terkait dengan tema konferensi.

Selama konferensi berlangsung, akan ada pameran buku hasil karya para dosen FISIP Unismuh Makassar serta poster-poster ringkasan makalah para peserta yang akan dipresentasikan selama konferensi.

Direncanakan, para peserta yang mengikuti konferensi secara tatap muka akan diajak tour wisata ke lokasi objek wisata Rammang Rammang di Maros dan beberapa lokasi di Kota Makassar.

Di tempat terpisah, Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si, menambahkan bahwa konferensi internasional ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerja sama sebelumnya antara Unismuh Makassar dengan CPSPA Polytechnic University of the Philippines.

Sejak awal, rencana konferensi ini mendapat dukungan dari pimpinan universitas, LPBKUI, dan LP3M, serta Kemendikbud melalui Hibah BKII Batch-2 2024, tandas Ihyani.

Konferensi internasional ini secara reguler dilaksanakan oleh FISIP Unismuh Makassar dan menjadi salah satu agenda untuk mempercepat pencapaian internasionalisasi dalam Visi Unismuh Makassar 2024, ungkapnya.

Pada rapat panitia, hadir Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar, Ahmad Harakan, S.IP, M.Hi; Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Dr. Nurwahid, S.Sos, M.Si; Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr. Syukri, S.Sos; Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Negara, Nurbiah Tahir, S.Sos, M.AP; Mantan Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si, dan para dosen lainnya.

Leave a Reply