UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Puluhan karyawan dan dosen persyarikatan Unismuh Makassar telah mengikuti sosialisasi program layanan BPJS Keliling di UBC Lantai 2 Gedung Iqra Unismuh, Kamis 1 Agustus 2024.
Sosialisasi layanan program BPJS Keliling oleh BPJS Cabang Makassar dimulai Pukul 09.00 – 11.30 WITA.
Staf Bagian Mutu Layanan Kepesertaan JKN BPJS Cabang Makassar, A.Muh.Yhogi Saputra mengatakan program BPJS Keliling telah mengusung konsep ‘jemput bola’ di kantor-kantor pemerintah maupun instansi-instansi untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan berkaitan dengan program jaminan kesehatan.
“Program BPJS keliling sudah lama dilakukan dan telah dijadwalkan pada hampir semua kecamatan dan kelurahan yang ada di Makassar dan diintansi-instansi termasuk di Unismuh Makassar,”ujar Yhogi Saputra.
Dikatakan program BPJS keliling adalah untuk mendekatkan pelayanan kepesertaan BPJS kepada masyarak, dimana BPJS akan datang langsung ke lokasi-lokasi tertentu, seperti
di kantor kecamatan, kantor desa atau instansi yang jauh dari dari kantor cabang BPJS.
Hal ini dilakukan sebut Yhogi Saputra untuk memudahkan
peserta tidak perlu repot datang ke kantor cabang untuk mengurus administrasi BPJS. Kemudian memberikan informasi kepada masyarakat dalam mengakses layanan BPJS, seperti menjelaskan tentang program JKN, manfaat, dan cara penggunaannya.
Layanan program BPJS Keliling ini sebut Yhogi seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data seperti penambahan anggota kepesertaan, pengaktifan kembali bagi peserta yang non aktif dan juga melayani konsultasi.
Dalam kegiatan sosialisasi program BPJS Keliling, beberapa dosen maupun karyawan Unismuh ada yang kepesertaannya secara mandiri
dan ada juga melalui instansi atau kampus.
Bagi karyawan dan dosen yang sudah memiliki kartu BPJS, juga dalam sosialisasi Program BPJS Keliling ini terlihat ramai-ramai memindahkan Faskes BPJS nya ke UMC Unismuh.
Ia juga mengatakan, layanan BPJS sekarang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, CHIKA, atau menghubungi 165. Ini dia anggap lebih praktis dan efisien.