UNISMUH.AC.ID, GOWA – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ArsCreativa MacrameTa Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) mengikuti kegiatan penilaian kemajuan pelaksanaan program kreativitas mahasiswa pengabdian kepada masyarakat (PKP2 PKM-PM) pada Rabu, 26 Juli 2024 melalui zoom meeting.

Penilaian progress program tim ini berfokus pada penguatan keterampilan berbasis ecopreneur melalui inovasi kerajinan tangan tali kur pada ibu PKK Desa Erelembang.

Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan kelompok perempuan Desa Erelembang pada bidang ekonomi dan sosial dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam membuat produk kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi.

Dalam Penilaian PKP2 ini dihadiri oleh dua juri penilai untuk menilai sejauh mana program yang telah tim laksanakan dan apakah sesuai dengan rencana pada saat pengajuan proposal.

Tim ArsCreativa MacrameTa yang diketuai oleh Sitti Hanima, dengan anggota Nurul Inayah dan Nurhidayah, telah menunjukkan perkembangan signifikan dalam pelaksanaan kegiatan di desa Erelembang.

Dibawah bimbingan dosen pendamping, Dian Pramana Putra S.Pd., M.Pd ,tim ini tidak hanya berhasil mencapai sebagian besar targetnya, tetapi juga menunjukkan inovasi dalam menciptakan berbagai macam produk kerajinan tali kur yang menarik.

Rahmatsyah dan Lina Miftahul Jannah selaku juri yang turut hadir dalam kegiatan ini menilai apakah kegiatan tersebut sesuai dengan rencana proposal diawal, para juri juga sangat mengapresiasi kemampuan tim dalam manajemen anggaran yang efisien, dan partisipasi aktif seluruh anggota dalam kegiatan ini. Selain itu, mereka juga memberikan apresiasi terhadap dokumentasi yang lengkap dan laporan kemajuan yang disusun dengan baik oleh tim.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan ekonomi keompok perempuan terkhusus Ibu PKK di Desa Erelembang melalui konsep ecopreneurship, yang menggabungkan usaha ekonomi dengan kesadaran lingkungan. Prrogram ini diharapkan dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain.

Dengan penilaian yang positif ini, Tim ArsCreativa MacrameTa optimis untuk melanjutkan programnya hingga selesai dan berharap dapat membawa hasil yang nyata bagi masyarakat lebih luas.

Dengan penilaian yang positif, Tim ArsCeativa MacremeTa optimis untuk melanjutkan programnya hingga selesai serta berharap dapat membawa hasil yang nyata bagi masyarakat lebih luas.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan ekonomi kelompok perempuan terkhususnya pada ibu PKK di desa Erelembang melalui konsep ecopreneurship yang menggabungkan usaha ekonomi dengan kesadaran lingkungan, serta dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain.

Leave a Reply