UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil menorehkan berbagai prestasi akademik dan non-akademik tingkat wilayah, nasional, dan internasional dalam setahun terakhir.

Tercatat sebanyak 736 mahasiswa berprestasi yang terlibat dalam berbagai kegiatan dan kompetisi pengembangan minat, bakat, dan kelembagaan pada periode tersebut.

“Alhamdulillah, mahasiswa berprestasi ini telah diberikan penghargaan oleh pimpinan universitas melalui kegiatan Kemahasiswaan Award,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta Bidang AIK dan Kerjasama Internal Dr Mawardi Pewangi, dalam Rapat Kerja Tahunan Unismuh Tahun Akademik 2024/2025, Senin 22 Juli 2024, di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuhan Makassar.

Mawardi menyampaikan bahwa prestasi mahasiswa merupakan bukti nyata bahwa perkembangan Unismuh semakin baik. “Bagi mahasiswa yang menorehkan prestasi ini patut mendapatkan apresiasi dari universitas berupa pemberian penghargaan,” ujarnya.

Beberapa prestasi mahasiswa Unismuh yang menonjol antara lain juara 1 Kejuaraan Pencak Silat di Pasuruan, juara 3 Psychofest 2024, Best Favorit Pemilihan Icon Muslim dan Muslimah Mall GTC Makassar, juara 1 MTQ XXXIII Tingkat Provinsi, juara 1 Desain Kompetisi, juara 11 Festival Tari Mahasiswa Nasional, serta juara Favorit Lomba Video Kreatif. Selain itu, 22 jenis kegiatan mahasiswa tingkat internasional juga sukses diikuti.

Terkait dengan banyaknya prestasi akademik dan non-akademik yang diraih mahasiswa, Mawardi Pewangi meminta Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unismuh untuk mendata mahasiswa berprestasi dengan baik. Data tersebut sangat penting karena dapat membantu meningkatkan peringkat akreditasi fakultas maupun universitas.

Terkait aksi demonstrasi mahasiswa, Mawardi Pewangi meminta para wakil dekan III dan IV untuk mendampingi mahasiswa dalam menyalurkan aspirasi agar tidak merugikan masyarakat umum.

Untuk Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK), Mawardi Pewangi mengakui sudah berjalan dengan baik namun perlu peningkatan integritas perilaku dan sikap dosen serta karyawan. Beberapa kegiatan pembinaan AIK yang telah berjalan dengan baik antara lain Darul Arqam Mahasiswa, Pelatihan Instruktur IMM Korkom Unismuh, Pengiriman Mahasiswa untuk Berdakwah, Pembinaan Mahasiswa Kedokteran di Pesmadina, dan DAD Mahasiswa Baru.

Kegiatan AIK lainnya, Pengabdian Pendidikan Ulama Tarjih dan Ma’had Al-Birr, Baitul Arqam bagi Mahasiswa, Pengiriman Muballigh Hijrah ke Daerah, Pelatihan Ceramah dan Khutbah, Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Keagamaan, Pembinaan Kemahasiswaan PUTM, Murajaah Akbar bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Tahfidz, Pengajian Rutin bagi Mahasiswa, Dosen dan Karyawan serta melaksanakan Baitul Arqam untuk Mahasiswa.

Leave a Reply