UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ratusan pengurus Lembaga Mahasiswa Unismuh Makassar telah mengikuti Baitul Arqam yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 20-21 Juli 2024, di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar.

Baitul Arqam ini kemudian ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr. Mawardi Pewangi, Minggu siang, 21 Juli 2024.

Penutupan ini turut dihadiri oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag.

Dalam sambutan penutupan, Mawardi Pewangi berharap kepada peserta Baitul Arqam untuk kompak menjaga citra kampus.

Sebagai kampus Islami terbaik, citra ini harus senantiasa dipertahankan dan dipelihara agar Unismuh tetap menjadi kampus Islami, sehat, dan bersinar.

Dr. Mawardi berharap setelah Baitul Arqam, tidak ada lagi dikotomi di antara lembaga mahasiswa, dan mereka menjadi satu kesatuan.

“Para alumni Baitul Arqam ini diharapkan menggelar pengajian dan kajian sebulan sekali, sekaligus bersilaturahmi. Lewat pengajian itu bisa saja lahir ide-ide baru,” katanya.

Vice Master Instruktur, Dr. Muhammad Amin, S.Ag, M.Pd, dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta yang mengisi pre-test sebanyak 134 orang, tetapi yang aktif sampai penutupan 132 mahasiswa.

Selama tiga bulan setelah mengikuti Baitul Arqam, peserta diwajibkan melakukan pengajian dengan kerja sama lembaga mahasiswa dan Korkom IMM.

Pada kesempatan itu juga diumumkan beberapa peserta yang meraih kategori terbaik.

Terbaik 1, 2, dan 3: Izyam B, Sulfahmi, Sulastri alia Rahmadani. Teraktif: Izyam. Terapih: Windi Saputri. Terfavorit: Ahmad Rafiq. Terheboh 1 dan 2: Faturrahman dan Moh Esy Hendrawan.

Pembawa materi selama kegiatan ini antara lain: Dr. Mawardi Pewangi, M.Pd.I (Implementasi Tauhid dalam Kehidupan); Dr. Kiyai Abbas Baco Miro Lc, MA (Tuntutan Ibadah sesuai Tarjih); Dr. Ilham Muhtar, Lc.MA (Muhasabah dan Fathul Qulub).

Salat lail, subuh, dan tadarus dengan narasumber: Dr. Ilham Muhtar, Lc, MA; Dra. Jumiati Nur, M.Pd; Agusdiwana Suarni, SE, M.Sc.Acc.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Prof. Dr. H. Irwan Akib, M.Pd, tentang Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM).

Gerakan Organisasi Kader Kampus Muhammadiyah oleh Dr. Samsuriadi, MA; Peran Lembaga Mahasiswa dalam Merawat Kampus Islami oleh Dr. Ir. Abd Rahim Nanda, MT, IPU.

Profil kader Muhammadiyah oleh Dr. Husain Abd Rahman, M.Pd.I.

Tim Instruktur

Selama dua hari Baitul Arqam, mereka yang diberi mandat sebagai Master of Training adalah Dr. Syamsuriadi P Salenda, MA. Vice Master: Dr. Muhammad Amin, S.Ag, M.Pd.I. Imam Training: Dr. M. Ilham Muchtar Lc, MA. Wakil Imamah: Ardi Rumallang, SP, MM.

Anggota Instruktur: Dr. Abd Rahman, S.Ag, MA; Dr. Ihsan Jaya S.Ked; Jumiati Nur, S.Pd,.M.Pd; Agusdiwana Suarni, SE, M.Acc.

Lembaga mahasiswa yang menjadi peserta berasal dari BEM Unismuh, BEM Fakultas, 42 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), 11 UKM, Korkom IMM, dan lainnya.Panitia Baitul Arqam ini, Ketua dan Wakil Ketua: Dr. Nurwahid, S.Sos, M.Si dan Abd Muttalib SE MM.

Sekretaris dan Wakil Sekretaris: Dr. Muhammad Akhir, S.Pd, M.Pd dan Fauzan Hamdi, ST, MT. Bendahara dan Wakil Bendahara: Sahabuddin Nanda, SE, MM, Dr. Ismail Badollahi, M.Si, Ak.Ac, dan Andi Muh Yamin, ST.

Leave a Reply