UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar Haflah Akhirussanah untuk 134 mahasiswa binaan Asrama Ma’had Al-Birr. Acara berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, lantai 1 gedung FKIK, Sabtu (13/7/2024).

Hadir dalam acara Haflah Akhirussanah ini berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Rektor IV, Dekan FAI, para wakil dekan, Direktur Ma’had Al-Birr, serta para pembina Ma’had Al-Birr Unismuh. Ketua Asosiasi Pengelola Asrama Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah seluruh Indonesia, Dr Wawan Kusnawan SS, MPdI, juga ikut serta melalui telekonferensi.

Kegiatan ini merupakan momen istimewa bagi 134 mahasiswa yang berasal dari tiga prodi integrasi, yaitu Ahwal Syakhshiyah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar.

Zainal Abidin, SH, MH, CITQ, CMT selaku Kepala Bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), Asrama, dan Kerjasama Ma’had Al-Birr Unismuh, menyampaikan bahwa Haflah Akhirussanah ini merupakan bentuk rasa syukur atas berbagai pencapaian mahasiswa binaan Asrama, baik dalam prestasi akademik maupun non-akademik, di tingkat internasional, nasional, dan daerah.

“Ma’had Al-Birr telah melahirkan banyak alumni yang berprestasi dan menjadi kontributor penting bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Zainal Abidin.

Pada kesempatan ini, Ma’had Al-Birr juga memberikan penghargaan kepada 6 mahasiswa berprestasi dengan memberikan penginapan gratis selama dua tahun di asrama Unismuh. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk terus konsisten dalam menjalankan perintah Allah dan mengukir prestasi-prestasi gemilang.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh, Dr Amirah Mawardi, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada mahasiswa atas prestasi akademik dan non-akademik yang telah dicapai selama satu tahun pembinaan dan pembelajaran.

“Saya sangat senang dengan program-program pembelajaran di asrama Ma’had Al-Birr,” ungkapnya.

Nakhoda FAI Unismuh Makassar ini menambahkan, Unismuh sebagai kampus Islami terbaik di PTMA seluruh Indonesia tidak lepas dari kedisiplinan, kebersihan, dan keindahan yang tercermin dari mahasiswa Ma’had Al-Birr.

Sementara itu, Ketua ASLAMA PTMA se-Indonesia, Dr Wawan Kusnawan SS, MPdI, dalam amanahnya mengucapkan selamat dan merasa bangga atas berbagai prestasi yang dicapai para mahasiswa Ma’had Al-Birr.

“Saya harap para mahasiswa yang diwisuda ini dapat senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, menuntut ilmu untuk dijadikan dasar aktivitas, dan menjadi Ulama yang Intelek,” pesan Dr. Wawan Kusnawan.

Wisuda 134 mahasiswa Ma’had Al-Birr ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus belajar dan berkarya, serta berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Leave a Reply