UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kedokteran se-Kota Makassar mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Car Free Day Boulevard Panakkukang, Ahad (7/7/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pimpinan Komisariat (PIKOM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (UNISMUH) Makassar, Pikom IMM FK UNHAS, dan Pikom FKIK UIN Alauddin ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antar mahasiswa di bidang kesehatan serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

Ratusan pengunjung CFD Boulevard antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan skill mahasiswa dalam berinteraksi kepada Masyarakat,” ujar Ketua PIKOM FKIK Unismuh Muh Putrajaya.

Ketua Pikom FKIK UIN Ema menambahkan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan skill pemeriksaan fisik mahasiswa Kesehatan.

“Selain kuratif dan rehabilitatif, Dokter wajib melaksanakan promotif dan preventif kepada masyarakat. Dengan kegiatan ini bisa meningkatkan promotif dan preventif Mahasiswa Kesehatan,” imbuh ketua Pikom FK Unhas Muh Syaqib.

dr Muh Aditya Manulusi, kader IMM yang hadir pada kegiatan ini, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh adik-adik Mahasiswa kesehatan. Ia berharap kegiatan kemahasiswaan yang bermanfaat bagi Masyarakat ini dapat terus dilaksanakan.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka merasa terbantu dengan pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan.

“Pemeriksaan yang dilakukan ini sangat bermanfaat karena kami dapat memeriksa tekanan darah, gula darah, kolestrol dan asam urat secara gratis dan semua pemeriksaan dapat dilakukan tanpa perlu memilih salah satunya,” ujar salah satu masyarakat yang mengikuti kegiatan.

Meskipun target awal hanya 100 peserta, antusiasme masyarakat yang tinggi membuat panitia melayani lebih banyak peserta.

“Pada CFD kali ini kami memasang target sekitar 100 orang peserta yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, tapi ternyata antusias dari masyarakat sangat lah mengebuh – gebuh. Jadi saat target terpenuhi kami masih melakukan pemerksaan karena masyarakat masih banyak yang ingin melakukan pemeriksaan,” jelas panitia.

Leave a Reply