UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan (LPPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel menyerahkan hasil pemeriksaan pengelolaan keuangan Unismuh setelah melakukan audit selama kurang lebih dua pekan.

Proses penyerahan tersebut dilakukan Ketua LPPK PWM Sulsel Dr Jamaluddin Majid kepada Rektor Unismuh Prof Ambo Asse di Ruang Senat, Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 3 Juli 2024.

Hadir Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor I, Dr H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV, Dr Mawardi Pewangi, Kepala Badan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, para dekan, wakil dekan se Unismuh, serta dari LPPK PWM Sulsel.

Acara ini dipandu Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda. Dalam pengantarnya, ia mengatakan LPPK PWM Sulsel telah selesai melaksanakan tugasnya dengan baik dalam kegiatan audit pengelolaan keuangan Unismuh.

Hasil dari audit pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh LPPK PWM Sulsel, lanjut Rakhim, untuk memastikan akuntabilitas pengelolaan keuangan berjalan baik serta memastikan Unismuh akan lebih dipercaya oleh masyarakat.

Ketua LPPK PWM Sulsel, Jamaluddin Majid sebelum menyerahkan hasil audit pengelolaan keuangan Unismuh, mengatakan apa yang telah dilaksanakan selama kurang lebih dua Minggu sebagai amanah yang harus diselesaikan dalam pelaksanaan auditing.

Dikatakan, kegiatan auditing dilaksanakan terkait dengan masa jabatan periode rektor tahun 2020-2024.

“Setelah memberikan laporan ke pimpinan universitas maka selanjutnya LPPK Pusat dalam waktu dekat juga akan datang melakukan audit setelah itu baru kemudian dilanjutkan dengan audit eksternal dari Kantor Akuntan Publik,” kata Jamaluddin.

Ketua IKA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh ini mengatakan keunggulan yang telah diraih oleh Unismuh saat ini harus terus dipertahankan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik dan organisasi tetapi juga unggul dalam tata kelola keuangan yang baik.

Jamaluddin Majid mengakui hasil audit yang telah dilakukan jauh lebih baik dari hasil audit tahun sebelumnya dan ini menunjukkan bahwa Unismuh telah menerapkan sistem keuangan yang akuntabel, transparan, dan bertanggung jawab.

Rektor Prof Ambo Asse, dalam arahannya menyampaikan bahwa satu bulan menjelang akhir periodenya yakni tanggal 8 Agustus 2024, LPPK Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan datang untuk melakukan audit pengelolaan keuangan di Unismuh.

Rektor berharap dalam kegiatan pemeriksaan pengelolaan keuangan oleh LPPK Pusat Muhammadiyah tidak ada temuan pelanggaran. Meski Prof Ambo Asse mengakui bahwa apa yang telah dicapai ini belum sempurna.

“Kekurangan yang masih ada sekarang terus kita perbaiki, apalagi Unismuh saat ini sudah unggul, sudah tersertifikasi ISO, administrasinya sudah dianggap baik, maka ke depan harus lebih baik lagi,” pungkas Prof Ambo Asse.

Leave a Reply