UNISMUH.AC.ID, DENPASAR – Tiga mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Alfiyyah Mawaddah (2021), Shofiyah Lathifah (2021), dan Yusrina Ramadhani (2021), berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih juara 2 pada cabang lomba poster publik dalam ajang Warmadewa Aesculapius Scientific Competition (WASCO) 2024.

WASCO 2024, yang diselenggarakan di Universitas Warmadewa, Bali, pada 27-30 Juni 2024, merupakan kompetisi ilmiah yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dari seluruh Indonesia. Mengangkat tema “Travel-Related Infectious Disease: What Should We Do?”, WASCO 2024 bertujuan untuk meningkatkan jiwa penelitian dan pengetahuan mahasiswa di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan.

Alfiyyah, mewakili timnya, menjelaskan bahwa tim MARC-FK Unismuh mengusung subtema “Pengembangan Pengetahuan dan Promosi Kesehatan Pariwisata sebagai Upaya Preventif dan Kuratif Penanggulangan Penyakit Menular Terkait Perjalanan”. Dalam posternya, tim FK Unismuh memaparkan edukasi kepada masyarakat tentang upaya preventif dan kuratif penanggulangan penyakit menular terkait perjalanan dengan fokus pada Cacar Monyet.

“Kami memilih tema ini karena ingin mengedukasi masyarakat tentang Cacar Monyet yang sedang marak saat ini, termasuk kesalahpahaman bahwa pisang dapat menjadi solusinya,” jelas Alfiyyah.

Lebih lanjut, Alfiyyah menuturkan bahwa timnya beserta 12 tim lain dari berbagai universitas di Indonesia dalam cabang lomba poster publik. “Meskipun ada banyak tahap dalam prosesnya, kami tetap semangat dalam persiapannya. Kami ingin menambah pengalaman dan mengukir prestasi sebanyak-banyaknya. Selain itu, WASCO 2024 merupakan kompetisi bergengsi yang diadakan setiap tahunnya,” imbuhnya.

Keberhasilan ini menjadi bukti dedikasi dan kerja keras tim MARC-FK Unismuh dalam mengikuti WASCO 2024. Alfiyyah, Shofiyah, dan Yusrina berharap agar FK Unismuh Makassar dapat terus memberikan dukungan kepada seluruh mahasiswanya sehingga senantiasa bersemangat dalam mencetak prestasi yang lebih banyak lagi untuk membanggakan keluarga dan mengharumkan nama baik FK Unismuh Makassar.

Leave a Reply