UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar workshop penyusunan modul Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) bagi para dosen pada Rabu-Kamis, 5-6 Juni 2024.

Workshop penyusunan modul ini merupakan tindaklanjut dari kepercayaan yang diterima Unismuh Makassar dari Kemdikbudristek sebagai perguruan tinggi penyelenggara Pekerti dan AA.

Workshop yang berlangsung di Aula UBC Unismuh Makassar ini bertujuan membekali tim penyusun modul agar mampu menyajikan materi PEKERTI-AA secara jelas dan sistematis kepada peserta. Acara dibuka oleh Dr Mawardi Pewangi yang merupakan rektor lV Unismuh Makassar, dan Prof Ahmad PhD sebagai narasumber pada kegiatan ini yang dihadiri 32 dosen dari berbagai fakultas.

Materi workshop meliputi sistematika penyusunan modul PEKERTI-AA, penyusunan bahan presentasi PowerPoint, dan sistematika pelaksanaan PEKERTI-AA. “Kegiatan dimulai dengan pemetaan materi dan penugasan kepada tim penyusun modul PEKERTI-AA,” ungkap Dr Nasrun, Ketua LP2AI Unismuh, Kamis (6/2/2024).

Selain materi, terdapat sesi praktik penyusunan modul yang dipandu langsung oleh pemateri. Peserta juga terlibat aktif dalam diskusi, memperkaya pemahaman tentang topik-topik yang akan dibahas dalam modul.

Keberhasilan workshop ini tak lepas dari persiapan matang, koordinasi antarpihak, dan kehadiran pemateri berkualitas. “Mulai dari rapat awal, koordinasi tim penyusun, hingga pemilihan pemateri kompeten,” jelas Nasrun.

Penyusunan modul PEKERTI-AA bukan tanpa tantangan. Tim penyusun harus meramu komposisi materi yang ringkas namun relevan, serta merancang tugas yang sesuai dan mampu menguji pemahaman peserta.

“Tim penyusun perlu berkolaborasi, memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan, serta memperhatikan umpan balik dari pemateri dan peserta,” tambah Nasrun.

Melalui pelatihan PEKERTI-AA ini, Unismuh Makassar berharap para dosen terus mengembangkan diri dalam hal pembelajaran, berkontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Unismuh Makassar dan Indonesia secara umum.

Laporan oleh Adilah Nugria S (Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, Ma’had Al Birr, Fakultas Agama Islam, Unismuh Makassar).

Leave a Reply