UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan acara pelepasan calon haji pada Selasa, 14 Mei 2024 di Ruang Senat Universitas, lantai 17.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Unismuh serta calon haji dan tim petugas kesehatan dari kalangan dosen dan staf.

Acara pelepasan ini merupakan bagian dari dukungan Unismuh terhadap anggota sivitas akademika yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan moral dan spiritual dari universitas untuk para calon jamaah haji.

“Kami berharap, dengan restu dan doa dari semua pihak, mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air sebagai haji mabrur yang dapat memberikan teladan yang baik di masyarakat,” ujar Ambo Asse.

Rektor juga menyampaikan beberapa informasi penting terkait proses keberangkatan dan tips-tips penting yang perlu dipersiapkan oleh calon haji sebelum berangkat.

Prof Ambo menyampaikan pesan KH Djamaluddin Amien ketika menjadi petugas haji maupun bagi tim kesehatan untuk betul- betul melaksanakan tugasnya dengan baik dengan memberikan pelayanan dan banyak menyapa dengan jamaah.

Rektor juga berpesan bagi dokter yang bukan petugas kiranya juga membawa obat dasar seperti obat batuk dan lainnya.

Dia juga mengingatkan agar di tanah suci jangan takabur, tidak boleh sombong. Dia banyak menceritakan pengalamannya ketika menjadi petugas haji banyak dikasih cobaan bagi orang yang sombong dan yang suka memandang enteng keadaan. Karenanya jika terjadi cobaan itu maka segera taubat di masjid.

Pelepasan calon haji ini turut dihadiri oleh Ketua BPH, Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor II, Prof Andi Sukri Syamsuri, serta dekan dari berbagai fakultas.

Prof Gagaring dalam acara pelepasan jamaah haji Unismuh juga menitipkan pesan terutama untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT kerena anda adalah orang pilihan. Kedua telah memberikan nilai tambah bagi Unismuh. “Dari 15 orang yang dilepas, 7 orang diantaranya adalah dari kedokteran baik itu sebagai calon haji maupun sebagai petugas kesehatan ini bisa menjadi rujukan bagi Indonesia dan Unismuh pada khususnya,” katanya.

Unismuh Makassar berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan keagamaan sebagai wujud dari aplikasi nilai-nilai keislaman yang dianut oleh universitas ini. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari agenda tahunan universitas dalam membina keimanan dan ketakwaan.

Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri menyebutkan nama-nama calon haji dan petugas haji dari Unismuh:

  1. Prof. Dr. Andi Tenri Ampa, M.Hum
  2. Dr. Siti Suwada Rimang, S.Pd., M.Hum
  3. Irsan Kadir, S.Pd., M.Pd
  4. Dr. Kasifah, M.P
  5. Rohana, ST., MT
  6. Dr. Ir. Irawaty Idrus, ST., MT
  7. Citra Amalia Amal, ST., MT
  8. Dr. dr. Musafirah, Sp.KK
  9. Dr. Zulfikat Tahir, Sp.AN., M.Kes
  10. Dr. Iwan Ashari, M.Med. Ed. (Petugas Kesehatan)
  11. Dr. Khaerunnisa (Petugas Kesehatan)
  12. Dr. Nur Wahyudi, Sp. BS
  13. Dr. Muhammad Najib Kasim, SE., M.Si
  14. dr Andi Hendra Yusa, M.Kes, Sp.Rad
  15. dr Saldy Meirisandy, SP, PD

Leave a Reply