UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim PKM RisetMu Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Persyarikatan di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis (9/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Intan dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Pertanian (Faperta) Unismuh Makassar dalam hal pengolahan cabai, pengemasan, pemasaran digital, dan pembukuan usaha.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 40 peserta ini merupakan hasil kolaborasi antara Tim PKM RisetMu yang diketuai oleh Dr. Ir. Jumiati, IPM, MCE, bersama Hasriani, STP, MSi dan Dr. Ismail Badollahi, MSi, CSP. Tim ini turut melibatkan mahasiswa sebagai anggota dan memperoleh rekognisi dari kegiatan PKM.

Dalam sambutannya, Dr. Jumiati menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh fluktuasi harga cabai di pasaran. “Saat panen raya, harga cabai sering mengalami penurunan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengolahan cabai agar memberikan nilai tambah pada produk,” jelasnya.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Ketua Gapoktan Abdul Rahman, SP. Ia menyampaikan apresiasinya kepada Tim PKM RisetMu Unismuh Makassar yang telah konsisten memberikan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat.

“Kami berharap Tim PKM RisetMu terus memberikan pendampingan hingga KWT Bunga Intan memperoleh izin dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sehingga produk kami dapat berkembang lebih luas,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah cabai, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Leave a Reply