UNISMUH.AC.ID, MAROS – Sebanyak 25 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) bersama 1 orang Liason Officer (LO) dan Dosen Modul Nusantara menggelar Kontribusi Sosial di Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Ahad (6/5/2024).

Kegiatan yang digelar Kelompok Pallumara itu, merupakan wujud kepedulian mahasiswa dan dosen PMM 4 Unismuh Makassar terhadap kesejahteraan rakyat dan kemajuan wisata lokal daerah, sejalan dengan Tema Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Tahun 2024 yaitu “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”.

Di Unismuh, Program PMM dikelola oleh Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI), dengan Penanggungjawab Dr Andi Mulawakkan Firdaus.

Kegiatan yang berfokus pada “Pelatihan Pembuatan Souvenir Wisata” ini diharapkan dapat membantu masyarakat lokal Rammang-Rammang dalam meningkatkan penghasilan dan mendukung perekonomian mereka.

Dosen Modul Nusantara, Dr. Ir. Irnawaty Idrus ST MT IPM, menjelaskan tujuan dan urgensi kegiatan ini dalam sambutannya. Kegiatan inti kemudian dikelola oleh para mahasiswa PMM 4 Kelompok Pallumara.

Antusiasme peserta ibu-ibu rumah tangga yang merupakan warga lokal Rammang-Rammang terlihat jelas dalam pelatihan ini. Keterampilan baru yang mereka peroleh diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Salah seorang peserta menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga mengungkapkan bahwa peluang untuk menjual hasil kerajinan tangan sebagai oleh-oleh souvenir wisata masih terbuka lebar, karena belum adanya produk tersendiri di kawasan wisata Rammang-Rammang.

Sebagai bentuk totalitas, mahasiswa kelompok Pallumara PMM 4 Unismuh telah menyiapkan tutorial pembuatan souvenir melalui kanal Youtube, sehingga dapat dipelajari kembali ataupun disebarkan kepada warga lainnya (https://m.youtube.com/watch?v=avzQrb1Y1H8).

Kegiatan Kontribusi Sosial ditutup dengan foto bersama peserta, mahasiswa PMM 4 Kelompok Pallumara dan Dosen Modul Nusantara.

Leave a Reply