UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dalam rangka memperkaya wawasan akademik, Magister Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menyelenggarakan kuliah pakar internasional yang menghadirkan Yo Nonaka, dosen dari Keio University, Jepang. Acara yang berlangsung secara virtual melalui Zoom pada 25 April 2024 ini dibuka oleh Direktur Program Pascasarjana Unismuh Makassar, Prof Irwan Akib.

Dalam sambutannya, Prof Irwan Akib mengapresiasi Prodi S2 Sosiologi atas inisiatif rutin menggelar kuliah pakar internasional. Ia menekankan pentingnya kolaborasi pendidikan antar perguruan tinggi internasional untuk meningkatkan kualitas riset dan pengetahuan. Ia berharap kerja sama ini akan berlanjut dan menghasilkan karya yang berdampak luas.

Yo Nonaka, yang merupakan Associate Professor di Faculty of Policy Management Keio University, membawakan materi bertajuk “Komunitas Muslim di Jepang: Kajian Sosiologi dan Antropologi”. Materi tersebut menyoroti pertumbuhan jumlah masjid di Jepang dari 4 bangunan di tahun 1990 menjadi 113 bangunan di tahun 2021 dan bagaimana hijab mendapat penerimaan positif di masyarakat Jepang sebagai bagian dari keanekaragaman budaya.

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD juga berpartisipasi sebagai pemateri dengan topik “Pendidikan Muhammadiyah yang Mencerahkan Peradaban”. Ia mengulas tentang filosofi dan kontribusi Muhammadiyah dalam pendidikan, kesehatan, dakwah, dan interaksi sosial di Indonesia.

Ditemui usai kegiatan, Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh, Kaharuddin PhD, mengungkapkan bahwa kuliah pakar tersebut diikuti 150 peserta, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Sosiologi Unismuh Makassar, mahasiswa dari program studi lain, dan peserta dari luar kampus, menunjukkan minat tinggi terhadap isu yang dibahas.

Acara ini, lanjut Kaharuddin, diharapkan dapat memperkuat jaringan internasional Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar dan mendorong penelitian serta publikasi ilmiah yang lebih berkualitas di bidang sosiologi pendidikan.

Leave a Reply