UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Berkah Ramadan, kabar gembira menyelimuti keluarga besar Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Unismuh berhasil lolos seleksi sebagai penyelenggara Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA).

“Alhamdulillah, setelah meraih predikat akreditasi institusi Unggul, Unismuh berhasil lolos seleksi Penyelenggara Pelatihan Pekerti Dan AA,” ungkap Prof. Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor II Unismuh Makassar, di Kampus Unismuh, Selasa (1/4/2024).

Pelatihan Pekerti/AA merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi dosen. Hal ini penting karena dosen dituntut memiliki kemampuan dasar dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi sistem pembelajaran.

“Lolosnya Unismuh sebagai penyelenggara pelatihan Pekerti/AA menunjukkan komitmen Unismuh dalam meningkatkan kualitas dosennya. Unismuh akan menyelenggarakan pelatihan ini dengan standar minimal kurikulum sesuai pedoman yang dipersyaratkan Ditjen Dikti,” ungkap Prof Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh itu.

Dengan pencapaian ini, lanjutnya, Unismuh dapat membuka pelatihan Pekerti/AA secara umum kepada dosen dari perguruan tinggi lain. Unismuh juga berhak menerbitkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan dan kelulusan dosen pada pelatihan Pekerti/AA.

Bagi dosen, kata Prof Andis, manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini, akan mendapatkan peningkatan kompetensi pedagogik dan sertifikat pelatihan yang diakui oleh Ditjen Dikti, sebagai salah satu syarat sertifikasi dosen.

Dengan menjadi penyelenggara, Unismuh tidak hanya meningkatkan reputasinya sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada peningkatan kualitas dosennya, tetapi juga memperkuat posisinya dalam jaringan kerjasama pendidikan tinggi serta meningkatkan peluangnya untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut dari Ditjen Dikti.

Leave a Reply