UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Setelah meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menorehkan prestasi. Kali ini Unismuh meraih pengakuan internasional dari lembaga pemeringkatan Universitas, Unirank, versi Maret 2024.

Lembaga pemeringkatan universitas yang berpusat di Sidney – Australia itu, menempatkan Unismuh Makassar sebagai universitas swasta terbaik di Sulsel.

UniRank merupakan direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara.

UniRank University Ranking ini bertujuan memberi perkiraan peringkat global universitas dan kolese dunia berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web mereka dalam hal perkiraan lalu lintas, kepercayaan, otoritas dan popularitas tautan berkualitas.

Berikut 10 besar peringkat universitas swasta di Sulsel versi Unirank (Maret 2024):

Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Muslim Indonesia
Universitas Muhammadiyah Palopo
Universitas Fajar
Universitas Atma Jaya Makassar
Universitas Cokroaminoto Palopo
Universitas Muhammadiyah Parepare
Universitas Kristen Indonesia Paulus
Universitas Kristen Indonesia Toraja
Universitas Pepabri Makassar

Respon Pimpinan Unismuh

Merespon pencapaian tersebut, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan kesyukurannya atas penilaian Unirank tersebut.

“Alhamdulillah, berkah Ramadan. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa kerja keras segenap civitas akademika Unismuh mendapat apresiasi dari secara internasional. Insyaallah capaian ini akan membuat kami bekerja lebih giat,” ungkapnya.

Unismuh, lanjutnya, tidak berpuas diri dengan capaian tersebut. Kampus milik persyarikatan Muhammadiyah itu terus berbenah.

Selain meraih akreditasi Institusi Unggul, 21 Prodi di Unismuh telah meraih akreditasi Unggul atau A. Bahkan dua prodi telah meraih akreditasi internasional ASIIN. Kedua prodi tersebut yakni Prodi S1 Kedokteran dan Prodi Pendidikan Profesi Dokter.

Predikat internasional lainnya disandang Unismuh, dengan memeroleh sertifikat ISO 21001:2018, yang menggambarkan proses jaminan mutu kualitas pendidikan di kampus tersebut.

Leave a Reply