UNISMUH.AC.ID, Makassar – Tim Hibah RisetMu Batch 7 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang dipimpin oleh Ir Muthmainnah SHut, M.Hut, IPM, menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar, Jl Muhammadiyah, Sabtu, 9 Maret 2024.

Kegiatan PKM ini mengusung tema pemanfaatan tanaman bagi kesehatan dengan judul kegiatan ‘Pengenalan Etnobotani Sejak Dini Melalui Pembuatan Herbarium Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbasis Lingkungan pada Siswa Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar’.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar, guru mata pelajaran Biologi, siswa/i Mts kelas VIII Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar.

Dalam sambutannya, Dr Andi Chadijah, SPi, MSi, IPM mewakili Ketua tim Ir Muthmainnah SHut, M. Hut, IPM memaparkan tujuan dan manfaat yang diperoleh dalam kegiatan PKM ini.

Ia menyampaikan jadwal kegiatan yang akan dilakukan termasuk pembuatan herbarium secara mandiri oleh siswa pada akhir sesi.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar Dahlan Sulaiman, SAg, MPdI, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Hal ini, tentu saja berdampak positif bagi pengembangan MTs ke depan, karena menjadi dasar untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain terutama yang berkaitan dengan PKM,” ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan PKM diharapkan siswa lebih bersemangat dan giat dalam belajar serta termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat pemateri kegiatan PKM berkualifikasi Doktor.

Kepala Sekolah MTs Muallimin Muhammadiyah itu meminta agar materi yang disampaikan tidak terbatas hanya pada ilmu tanaman atau biologi saja, namun juga ilmu-ilmu lainnya yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah,” ungkapnya.

Kegiatan PKM ini menghadirkan 3 pemateri yakni Dr Andi Chadijah, SPi, MSi, IPM, dan Dr. Ir. Nirwana, MP.,IPU dari Unismuh, dan Dr Adriani SSi, MKes, dari Universitas Pattompo.

Sebagai pemateri pertama, Andi Chadijah membawakan materi tentang berbagai jenis tanaman sekitar yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit.

Materi kedua yang disampaikan oleh Nirwana dan Adriani berkaitan dengan herbarium dan praktek pembuatan herbarium. Siswa tampak antusias mendengarkan penjelasan dari ketiga pemateri dan mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Pada sesi pembuatan herbarium, para siswa terlihat lebih aktif dan antusias bertanya kepada pemateri dan pendamping kelompok mengenai herbarium yang akan mereka buat.

Setelah pembuatan herbarium selesai, setiap kelompok mempersentasikan hasil karyanya di hadapan teman temannya. Bertindak sebagai juri, Hasfirah SPd yang merupakan guru biologi di MTs Muhammadiyah Muallimin Makassar.

Penilaian herbarium didasarkan pada kelengkapan data, tampilan, kekompakan kelompok dan cara persentasi. Kelompok dengan presentasi terbaik memperoleh hadiah. Iming-iming hadiah membuat siswa lebih bersemangat dan berusaha lebih kreatif dalam membuat herbarium.

Tingginya antusiasme siswa dalam mengerjakan herbarium mengindikasikan bahwasanya kegiatan PKM ini bisa dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran aktif di kelas

Selaku guru mata pelajaran Biologi di Mts Muhammadiyah Muallimin Makassar, Hasfirah S.Pd menyampaikan apresiasi yang kepada Tim Hibah PKM RisetMu karena telah mengadakan kegiatan PKM ini.

“Melalui kegiatan ini siswa mendapatkan ilmu baru mengenai pemanfaatan tanaman sekitar bagi kesehatan dan juga keterampilan dalam membuat herbarium kering,” ungkapnya.

Meilinda Nur Wahyuni, salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan PKM, merasa senang bisa mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan itu membuka wawasannya bahwa tanaman di sekitarnya tidak hanya bisa dikonsumsi namun juga dapat dijadikan obat.

“Semoga kegiatan seperti ini sering dilakukan, karena menggunakan metode praktikum langsung, sehingga membuat kami lebih semangat,” pungkasnya.

Leave a Reply