UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Asni Anwar, Ketua Prodi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil mempertahankan disertasi dalam sidang Promosi Doktor pada Program S3 Ilmu Perikanan Universitas Hasanuddin.

Sidang promosi berlangsung di Ruang Sidang Lantai II, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, pada Jumat, 8 Maret 2024.

Asni Anwar menyelesaikan studinya dalam kurun waktu dua tahun tujuh bulan, dengan nilai IPK 4.0. Hal itu membuatnya memeroleh predikat Cum Laude.

Ia berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Perikanan setelah mempertahankan disertasi berjudul “Efektivitas Tepung Biji Trembesi (Samanea Saman) Terfermentasi Dalam Pakan Terhadap kinerja pertumbuhan Udang Vaname (Litopeneaus Vannamei).”

Dalam menulis disertasi, Asni Anwar dibimbing oleh Prof Dr Ir Zainuddin MSi, sebagai promotor, Ir Muhammad Ikbal Djawad MSc PhD bertindak selaku sebagai co promotor 1, dan Prof Dr Ir Siti Aslamyah, sebagai co promotor II.

Penguji internal Asni, yakni Prof Dr Ir Haryati M Si, Dr Ir Edison Saade MSc, Dr Ir Dody Darmawan Trijuno MApp, serta Prof Dr Ir Muhammad Yusri Karim MSi. Tim penguji eksternal yakni Prof Dr Ir Dedi Jusadi MSc yang berasal dari IPB Bogor.

Dalam pemaparannya, Asni Anwar menyampaikan bahwa Tepung biji Trembesi sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal, padahal sangat potensial sebagai bahan baku pakan udang vaname karena mengandung protein yang mendekati kadar protein kedelai.

Penelitian Asni bertujuan untuk menganalisis efektivitas tepung biji trembesi yang difermentasi menggunakan mix mikroorganisme dalam pakan buatan terhadap kinerja pertumbuhan udang vaname Litopenaeus vannamei.

Riwayat Hidup

Asni lahir di Bule, Enrekang, pada 21 Juni 1973. Ia telah menempuh perjalanan panjang dalam karir akademik dan profesionalnya.

Asni menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri No 38 Bule, dan melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri Malua serta SMA Negeri 229 Cakke, semua di Kabupaten Enrekang.

Ia meraih gelar sarjana di Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan dan gelar magister di Ilmu Perikanan dari Universitas Hasanuddin.

Sejak 2011, Asni Anwar telah mengabdi sebagai dosen di Unismuh Makassar dan saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Budidaya Perairan kampus itu.

Di samping tugas mengajar dan administratif, Asni juga aktif dalam penelitian. Karya ilmiah beliau, yang berjudul “Fermentation of rain tree (Samanea saman) seed meal using mixed microbes to improve its nutritional quality,” telah dipublikasikan di jurnal Biodiversitas pada tahun 2023.

Selain itu, ia juga mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai penggunaan tepung biji pohon hujan yang difermentasi pada simposium ilmiah nasional dan internasional, membuktikan dedikasinya dalam memajukan sektor perikanan di Indonesia.

Asni Anwar adalah istri dari Ir Miftahuddin Nur. Dari pernikahan itu, ia memiliki lima orang anak, dan saat ini telah dikaruniai empat orang cucu.

Leave a Reply