UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – BEM FEB Unismuh Makassar menggelar Seminar Ekonomi bertajuk ECONOMIC INSIGHT 2024 dengan mengangkat tema “Eksistensi Generasi Muda Dalam Membangun Ekonomi Kreatif di Era Transformasi Digital”, di Aula Baruga Anging Mammiri, Rabu (24/1/2024).

Seminar ini bertujuan untuk memperkuat peran dan sinergitas pemuda dalam menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Pemuda dinilai memiliki potensi yang dapat diaplikasikan melalui Ekonomi Kreatif.

Acara Seminar ekonomi kali ini menghadirkan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel yakni Andi Munawir, S. Pt., MM., Akademisi FEB Unismuh, Ismail Rasulong, S.E., MM dan Wakil Ketua TDA Makassar 8.0 sekaligus Founder Menang Creative yakni Fahrurazi Erman sebagai narasumber serta dipandu oleh Sekbid Ekonomi Kreatif BEM FEB Unismuh, Nurfatiha.

Ketua BEM FEB Unismuh, Rizki Mahda Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan terjadi begitu cepat termasuk di sektor ekonomi, maka dibutuhkan kompetensi dan kemampuan adaptasi.

“pergeseran orientasi ekonomi menciptakan daya saing dan kompetisi pasar yang semakin besar, sehingga kita dituntut untuk mencari cara agar tetap eksis. Negara-negara maju sudah mulai menyadari bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan bidang industri tetapi juga perlu memanfaatkan SDM yang kreatif, karena kreativitas itulah yang menjadi modal dasar untuk menghadirkan inovasi.”

Lebih lanjut, Rizki Mahda Putra mengingatkan kepada pemuda untuk aktif berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya melalui potensi kreatifitas yang dimiliki oleh pemuda.

“Ide, bakat dan kreativitas pemuda perlu untuk dimanfaatkan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi di daerahnya, mengingat bahwa hari ini kita tidak bisa lagi bergantung kepada bahan baku dan sistem produksi sebagai nilai tambah ekonomi seperti era industri. Hari ini kita perlu memanfaatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi untuk bersaing di pasar.”

Dekan FEB Unismuh dalam sambutannya berharap bahwa peserta pada kegiatan ini banyak menggali informasi dari narasumber-narasumber.

“Komposisi narasumber saya kira pake komplit. Ada yang mewakili birokrasi, ada yang mewakili akademisi dan juga ada yang mewakili paraktisi. Maka peserta perlu untuk menggali informasi sebanyak banyaknya pada seminar ekonomi kali ini”

Agenda ECONOMIC INSIGHT yang diadakan oleh BEM FEB Unismuh ini sebagai langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui potensi pemuda dan sektor ekonomi kreatif khususnya di kota makassar.

Leave a Reply