UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima sertifikat akreditasi dari lembaga internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Hal itu disampaikan Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As’ad, pada Jumat, 12 Januari 2024 di Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar.

Suryani menyebut, Sertifikat ASIIN untuk dua prodi tersebut berlaku mulai 8 Desember 2023 hingga 19 April 2025.

ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional untuk bidang ilmu teknik, ilmu pengetahuan alam, matematika, ilmu komputer, kedokteran, dan ekonomi. Sertifikat akreditasi ASIIN diberikan kepada program studi yang memenuhi kriteria akademik dan profesional pada bidang keilmuan terkait.

Untuk memeroleh sertifikat ASIIN, program studi harus memenuhi syarat penyelenggaraan pendidikan dan proses belajar-mengajar yang berorientasi learning outcome, mengacu standar European Qualifications Framework for Life-long Learning (EQF LLL).

Proses akreditasi ASIIN ini melalui dua tahapan yaitu penilaian dokumen akademik berupa Brief Curriculum dan Self-Assessment Report, dan penilaian sarana prasarana penunjang pembelajaran dan evaluasi dari tim pengelola program, pengajar, dan mahasiswa.

FKIK Unismuh menerima visitasi tim asesor perwakilan dari ASIIN, pada 26 September 2023 lalu. Adapun empat asesor ASIIN yang ke Unismuh yakni yaitu Prof. Thomas Reinheckel, MD, Ms. Anika Biel, MD, Mr. Christian Daniels, Dr. Gita Vita Suraya dan Muhamnmad Adam Tri Yoga, S.Ked.

Dekan FKIK Unismuh Suryani As’ad menyampaikan kesyukurannya atas pencapaian akreditasi internasional tersebut. “Perolehan akreditasi ini membuktikan bahwa Prodi Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter Unismuh sudah sesuai dengan standar internasional,” ujarnya.

Suryani berharap, capaian akreditasi internasional dua prodi ini, dapat memberikan kontribusi pada pencapaian Akreditasi Intitusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unismuh, sehingga bisa mencapai predikat Unggul. Proses Asesmen Lapangan akreditasi Unismuh bakal digelar pada Ahad – Selasa, 14 – 16 Januari 2024.

Leave a Reply