UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR-Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan ke III Tahun 2023 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar digelar secara daring dan luring di Grand Makassar Hotel, Kamis 16 November 2023.

Acara ini dibuka Wakil Rektor II, Prof Dr H Andi Sukri Syamsuri, serta dihadiri Dekan FKIP, Erwin Akib Ph.D, dan Koordinator PPG, Dr. Sukmawati mengikuti  secara daring.

Orientasi PPG Daljab Angkatan III diikuti 390 peserta dari tujuh bidang studi yang tersebar luas berbagai kota di Indonesia, seperti Aceh Barat, Buton, Kolaka, Konawe, Lampung, Manggarai,Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur.

Sebelum acara dimulai diawali pengajian oleh Wakil Rektor IV, Dr Mawardi Pewangi.

Koordinator PPG, Dr Sukmawati melaporkan beberapa capaian kegiatan atau program tahun 2023 untuk PPG Unismuh Makassar. Termasuk penyelesaian mahasiswa program PPG Prajabatan Gelombang 1 dan 2, dengan tingkat kelulusan yang membanggakan.

“Pada gelombang pertama mencapai 100% kelulusan pada tahapan kedua, ” ujar Sukmawati.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib dalam sambutannya  menekankan pentingnya memiliki SIM atau, semacam surat izin mengajar yaitu memiliki sertifikat sebagai syarat mutlak bagi guru profesional.

Erwin berharap agar program ini dapat lebih disiapkan dengan baik di masa mendatang, sehingga mahasiswa S1 segera menjadi guru tanpa perlu seleksi PPG prajabatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor II, Prof Andi Syukri Samsuri MHum, mengapresiasi kegiatan orientasi sebagai bagian dari upaya menjembatani kebutuhan akan guru di Indonesia.

Dalam sambutannya, dia menggarisbawahi pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas guru, serta manfaat program PPG bagi kemajuan profesional mereka.

Prof Andi menjelaskan bahwa program ini memberikan manfaat ganda bagi guru yang mengikutinya, termasuk peningkatan kompetensi dan penghargaan dari pemerintah.

Andi SukriĀ  juga mengajak peserta PPG untuk menjalankan program ini dengan penuh keikhlasan dan penuh tanggung jawab, karena ini sangat bermanfaat diantaranya akan mendapatkan sertifikat pendidik dan ini akan tidak mudah.

laporan langsung mahasiswa magang Ilmu Komunikasi : Friska

Leave a Reply