UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Coaching Da’i Ecology.

Kegiatan Coaching Da’i Ecology menusung tema “Eco-Muballigh; Resolusi Da’I Berkemajuan” dan digelar di Mini Hall FEB Lantai 8 dan Aula Seminar FAI Lantai 4 Unismuh Makassar dan dilanjutkan di Rammang-Rammang Maros.

Coaching Da’i Ecology berlangsung selama tiga hari, yang dmulai dari hari Jum’at sampai Ahad 10-12 November 203. Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari Mahasiswa PAI dan Mahasiswa Internal FAI mengikuti kegiatan.

Menurut Fathurahman selaku Ketua HMJ PAI Unismuh Makassar menyampaikan bahwa dari kegiatan ini Kita berharap lahirlah nantinya da’i da’iyah yang peduli lingkungan dan paham pentingnya menjaga ekosistem karena komitmen ekologi adalah komitmen teologi.”

“Pada kegiatan Coaching Da’I Ecology ini ada 6 Pemateri yang diundang oleh HMJ PAI yakni Eko Prasetyo, Muh Ikhwan AM, Ramli, Ssos, MSos.I, Abd Aziz Ridha, SpdI, MPdI, Asratillah dan Nurafni,” ungkapnya.

Lebih Lanjut, Ia menjelaskan bahwa pada hari pertama, diberikan pemantik tentang Pengantar Ekologi oleh Eko Prasetyo kemudian dilanjut dengan materi Metodologi Dakwah oleh Ramli SSos, MSos.I yang dimana menjadi dasar dalam berdakwah.

Kemudian dilanjutkan di hari berikutnya dengan materi ketiga yang dibawakan oleh Abd Aziz Ridha, SpdI, MPdI yakni Fiqih Ekologi yang mana membahas tentang dasar Islam mengenai Lingkungan.

“Pada materi selanjutnya yakni tentang Risalah Islam Berkemajuan untuk Krisis Ekologi yang disampaikan oleh Asratillah kemudian dilanjut dengan materi Ekofeminisme yang dibawakan Nurafni, dan pada materi terakhir melakukan kunjungan wisata di Rammang-Rammang Maros,” Jelas Fatur.

Leave a Reply