UNISMUH. AC. ID MAKASSAR- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 7. Program ini merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Acara ini berlangsung di Lantai 3 Gedung Balai Sidang Muktamar ke-47 Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar pada Rabu, 8 November 2023.

Kemdikbudristek membuka pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan 7 untuk 28.500 mahasiswa. Program ini dibuka sejak 1 hingga 24 November 2023 mendatang.Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester.

Tujuannya, guna melatih kemampuan mahasiswa menyelesaikan permasalahan lewat kegiatan asistensi pembelajaran bersama guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Wakil Rektor I Unismuh Dr. Abd Rakhim Nanda dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, turut serta dalam kegiatan tersebut bersama dengan Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) UnismuhDr Nasrun, Manager Program Kampus Mengajar Kemdikbudristek Heggy Kearens, MSc, dan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Unismuh menyampaikan bahwa 700 dari 14.682 mahasiswa Unismuh Makassar terpilih sebagai duta kampus untuk kegiatan Kampus Mengajar. Rakhim Nanda menambahkan bahwa mahasiswa yang lolos program ini kelak, memiliki tanggung jawab terhadap kehormatan pribadi, keluarga, Universitas, serta membawa nama besar Muhammadiyah sebagai organisasi di Indonesia. Etika, norma, nilai agama, kesehatan fisik, dan mental menjadi hal yang sangat penting.Heggy Kearens, selaku Manager Program Kampus Mengajar Kemdikbudristek, berharap agar mahasiswa dan dosen bersatu untuk memperbaiki kondisi pendidikan di Indonesia, khususnya di Sekolah Dasar dan Menengah.

Pembelajaran yang akan diikuti oleh mahasiswa selama bergabung dalam Kampus Mengajar diyakini bisa mengasah berbagai kompetensi mereka seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, kepemimpinan, cara berpikir kreatif, dan juga pemecahan masalah.Sementara itu, Wakil Rektor IV Unismuh Mawardi Pewangi yang didaulat menyampaikan pengajian menekankan pentingnya memanfaatkan waktu dengan bijak, terutama bagi mahasiswa yang akan mengikuti program Kampus Mengajar. Informasi lebih lanjut seputar program Kampus Mengajar dapat diakses melalui: https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417527806233-Syarat-Ketentuan-Pendaftaran-Mahasiswa-Kampus-Mengajar.

Leave a Reply