UNISMUH.AC.ID MAKASSAR-Kamis sore 26 Oktober 2023 puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar mendatangi kantor Redaksi Harian Tribun Timur Makassar di Jl Cenderawasih Makassar.

Para mahasiswa ini adalah mereka yang kuliah pada semester 3 dan jadi mahasiswa baru di masa Covid-19 tahun 2022 dan mengikuti mata kuliah komunikasi politik.

Kuliah lapangan ini merupakan yang pertama kalinya dijalani para mahasiswa yang mengikutu perkuliahan secara daring selama dua semester yakni semester 1 dan 2.

Kunjungan mahasiswa untuk mengetahui proses produksi berita serta strategi media dalam mengenal berita kemudian mempengaruhi pendapat umum serta berita berita kampanye politik.

Para mahasiswa ini didampingi pengampu mata kuliah, Dr Muhammad Yahya M.Si dan diterima oleh Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur, Ronald Ngantung.

Para mahasiswa ini menikmati kunjungan kuliah lapangan di tribun timur makassar. Setelah menerima materi dan sambutan dari Tribun Timur mahasiswa berkesempatan melihat langsung studio penyiaran, tempat editing, redaksi awak media Tribun Timur.

Muh Rizal mahasiswa ilmu komunikasi menilai kuliah lapangan ini sangat luar biasa karena itu menambah pengalaman tentang bagaimana cara meliput berita, mengedit, dan mengirim langsung ke media tv. Disini juga tahu bagaimana cara berintonasi dan menyampaikan berita dengan baik.

Mahasiswi lainnya Sri Wahyuni menilai kuliah lapangan ini dapat
memahami lebih jauh tentang bagaimana tujuan dari ilmu komunikasi itu sendiri terutama yang masih bingung tentang ingin jadi apa di masa depan setelah lulus
dari komunikasi. Lewat kuliah lapangan dapat mendapat gambaran bagaimana profesi alumni komunikasi kedepan.

Mengikuti kuliah lapangan ini dapat mengetahui
bahwa dari satu kasus
saja dapat membuat 4-6 berita dari sudut pandang yang
bermacam – macam dengan mengikuti aturan 5W+1H.

Adapun saran kuliah lapangan ini agar
kegiatan ini dilakukan di tempat tempat yang sekiranya beda kota/ kabupaten karena
itu juga bisa membantu mempromosikan kampus atau prodi ilmu komunikasi

Airien Natasya peserta kuliah lapangan
menilai mendapatkan pengalaman baru dan menambah wawasan baru, memberitahu bagaimana pengelolaan sebuah berita, dan juga memperkenalkan studio
saat Live Streaming (hot news, Editor ( menyunting sebuah naskah atau gambar yang akan
ditampilkan).

Saran untuk kuliah lapangan ini waktu ditambah, karena aktifitas diluar ruangan kelas
dan juga kunjungan kuliah lapangan ini seru,membutuhkan banyak waktu untuk mengeksplore, tandasnya.

Aldi lain lagi kesannya dia katakan kuliah lapangan ini sangat berkesan membuat tidak tau menjadi tahu proses produksi media cetak dan online.

Selain itu juga berkesan untuk menambah wawasan bagaimana input berita di media sosial dan media cetak, katanya.

Laporan: Nur Jannah H dan Nur Fadillah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Leave a Reply