UNISMUH.AC.ID MAKASSAR– Mahasiswa Fisip Unismuh Makassar semester V mengikuti dialog publik penyiaran dengan fokus pada tema, Peluang dan Tantangan Optimalisasi Peran dan Fungsi KPID di Era Digitalisasi Media, Jumat siang 20 Oktober 2023 di Warkop D’K10 Panakkukang Makassar.

Dialog publik penyiaran ini menghadirkan nara sumber Ketua Timsel KPID Sulsel, Suparno; Ketua KPID Sulsel, Irwan Ade Saputra; Pemerhati Penyiaran, rusdin Tompo serta Anggota DPRD Sulsel, Dr.Hj. Andi Nurhidayati Zainuddin, M.Si dengan moderator, Mariesa Giswandhani.

Kegiatan yang berjalan santai ini digelar oleh Harian News, Serikat Media Siber Indonesia, Ruang Antara serta Herald.Id.

Pembicara pertama Irwan Ade Saputra mengatakan regulasi KPID ini dapat relevan dengan era digital saat ini dengan melihat peluang dan tantangan yaitu bagaimana eksistensi dunia di tengah media. Selain itu juga dikatakan bahwa KPID saat harus direvisi UU Penyiaran agar sesuai dengan tuntutan zaman dan masyarakat, katanya

Anggota DPRD Sulsel Fraksi PPP Andi Nurhidayati, mengharap agar KPID selain memberi manfaat yang bagus dan kreatif juga dapat saling mensupport, sekecil apapun sesuatu yang diberikan, hargailah karena menghargai itu obat untuk kita, katanya seraya menambahkan agar kiranya dapat bijak menggunakan media sosial.

Rusdin Tompo menegaskan, banyak tantangan dihadapi KPID termasuk masalah kelembagaan dan SDM KPID seperti apa sesungguhnya dan bagaimana KPID menjamin berlangsungnya lembaga penyiaran

Suparno mengatakan agar mahasiswa yang ingin terjun kerja di dunia media silahkan lebih di pelajari karena dunia digital akan semakin berkembang. Tantangan-tantangan KPID yaitu harus lebih kreatif, melek regulasi, memiliki karisma, dan harus cenderung dengan publik, katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ahmad Syarif, S.Sos., M.Si, dalam laporannya menyatakan, dialog ini berjalan lancar seru dan dinamis serta santai. Para peserta selain dari mahasiswa beberapa kampus di Makassar juga ada dari praktisi media, serta para dosen perguruan tinggi negeri dan swasta di Makassar.

Nampak hadir dosen dari UIN Alauddin Makassar, Dr. Fadli Andi Natsif, SH.,MH, dosen Komunikasi Unismuh Makassar, Dr.Muhammad Yahya, M.Si, staf Humas Unismuh, Ir Nasrullah Rahim dan lainnya.

Laporan: Sari’ul Fahmiati Fadilah
Mahasiswa Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Leave a Reply