UNISMUH.AC.ID MAKASSAR- Program Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar lakukan penandatanganan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Barru, di ruangan program studi Bimbingan dan Konseling, pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Menurut Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh Kaharuddin kesepakatan kerjasama bertujuan agar mahasiswanya dapat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan Perguruan Tinggi (PPL-PT) di UM Barru.

“PPL PT merupakan salah satu keunggulan S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh, karena salah satu profil lulusan kami, menyiapkan lulusan yang siap menjadi dosen,” ungkapnya.

Setelah berkoordinasi dengan Ketua Prodi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Barru Abd Kahar Yunus, terdapat beberapa mata kuliah yang relevan untuk diajarkan oleh Mahasiswa PPL PT.

Kaharuddin melanjutkan, kegiatan PPL-PT dilakukan di UM Barru untuk lebih memudahkan mahasiswa S2 pendidikan sosiologi yang bertempat tinggal di kabupaten Barru, sehingga aktivitas mereka juga dapat jalan berbarengan dan tidak ada yang ditinggalkan.

Kegiatan kerjasama tersebut dalam program PPL-PT dapat respon positif dari Rektor UM Barru Dr. Andi Fiptar Abdi Alam yang menyatakan bahwa kolaborasi antara Universitas memang harus menjadi perhatian utaman karena terdapat nilai positif khususnya dalam pengembangan SDM mahasiswa, pengenalan budaya lintas kampus dan berdampak positif untuk akreditasi.

UM Barru yang baru-baru ini mendapatkan persetujuan alih status dari sekolah tinggi ke Universitas pada 11 Oktober 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Leave a Reply