UNISMUH. AC. ID MAKASSAR- Dosen Administrasi Negara sekaligus Ketua Program Studi Administrasi Negara, Dr Nur Wahid, S.Sos, M.Si sukses melaksanakan bedah buku bertemakan “Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Inovasi Pemerintah.

Acara berlangsung di Lantai 1 Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar Senin,16 Oktober 2023, diikuti puluhan mahasiswa dan pengunjung perpustakaan lainnya

Dalam kegiatan ini, hadir pula Dr Muhammad Yahya, MSi Dosen Ilmu Komunikasi Unismuh serta Dr Hj Fatmawati Andi Mappasere, M.Si, selaku Ketua Prodi Program Magister Administrasi Publik, PPs Unismuh Makassar yang menjadi penanggap dalam acara tersebut.

Nursinah, M.I.P, selaku Kepala UPT Perpustakaan Unismuh, turut mendampingi kegiatan ini dan sekaligus membuka acara dengan moderator, Muhammad Fakhruddin Sunusi SIP.

Saat memberi sambutan ditegaskan kalau acara bedah buku ini salah satu layanan perpustakaan untuk senantiasa meningkatan literasi bagi para dosen dan mahasiswa.

Dr Nur Wahid kesempatan itu menjelaskan buku tersebut mengulas konsep “gaya kepemimpinan dalam meningkatkan inovasi pemerintah,” menggarisbawahi pentingnya kepemimpinan dalam pengembangan inovasi di sektor pemerintahan.

Buku ini mengungkapkan strategi pemimpinan inovatif, dengan fokus pada konsep “super leadership,” buku ini mengungkapkan strategi pemimpina dalam meningkatkan inovasi tetapi ini hanya sebagai peningkatan instrumen teori.

Buku ini juga mencakup studi kasus khusus tentang Luwu Timur, yang mengulas peran bupati dalam menciptakan kebijakan yang berdampak pada masyarakat.

“Adapun diharapkan agar ada sub bab yang menggambarkan kepada pembaca siapakah bupati tersebut dan priode kepemimpinannya serta kebijakan yang diterapkan yang kemudian memberi warna kepada masyarakat” tegas Yahya.

“Saya apresiasi terlebih dahulu kepada Dr Nur Wahid yang betul betul menjalankan kewajiban nya sebagai dosen sejati, mengapa demikian dikarenakan telah memenuhi Tri Darma perguruan tinggi.” puji Hj Fatmawati

Buku ini terdiri dari lima bab, buku ini membuka wawasan bahwa di Indonesia terdapat beragam aturan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, khususnya oleh kepala daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi.

Buku ini juga mengungkapkan bahwa Indonesia berada diperingkat 85 dari 129 negara dalam Indeks Inovasi Global, yang menyoroti pentingnya inovasi global bagi calon pemimpin.

Dalam kesimpulannya, buku ini menekankan bahwa kepemimpinan adalah tentang mengembangkan amanah dari rakyat, dan pemimpin yang baik harus membuat gebrakan yang mengarah pada kepuasan rakyat

Usahakan ini menjadi buku wajib bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan maupun Ilmu Administrasi Negara,” sambungnya.

laporan langsung Mahasiswa Magang ilmu komunikasi Fisip Unismuh Makassar: Friska, Rahmiati.

Leave a Reply